TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gletser Pecah di India, Ratusan Jiwa Dikabarkan Hilang

Sebanyak puluhan desa telah dievakuasi petugas darurat

Situasi di sekitar wilayah pegunungan es. (Pixabay.com/LuisValiente)

Uttarakhand, IDN Times - Bencana gletser telah melanda di kawasan India Utara, tepatnya di negara bagian Uttarakhand yang dilaporkan telah membuat ratusan orang hilang. Sebanyak puluhan desa yang berdekatan dengan lokasi kejadian telah dievakuasi petugas darurat setempat. Bagaimana awal ceritanya?

1. Juru bicara kepolisian setempat melaporkan sebanyak 16 atau 17 orang terjebak akibat bencana ini

Lokasi bencana gletser yang terjadi di kawasan negara bagian Uttarakhand, India. (Twitter.com/weatherindia)

Dilansir dari BBC, sebuah bendungan yang rusak telah menyebabkan banjir besar melalui lembah di negara bagian Uttarakhand, India dan puluhan desa telah dievakuasi, akan tetapi pejabat setempat telah melaporkan diduga sebanyak 150 orang merupakan korban hilang di lokasi kejadian. Seorang saksi yang juga warga setempat, Sanjay Singh Rana, mengatakan bencana tersebut datang dengan sangat cepat sehingga tidak ada waktu untuk memperingatkan warga di sekitarnya untuk menyelamatkan diri.

Juru bicara kepolisian setempat mengatakan setidaknya 3 orang tewas telah ditemukan dan ratusan orang lainnya masih hilang sampai saat ini serta 16 atau 17 orang lainnya terjebak di dalam terowongan. Lebih dari 50 orang yang bekerja di bendungan itu, yang dikenal sebagai Proyek Hidroelektrik Rishiganga, kemungkinan besar tewas. Akan tetapi, beberapa pekerja di antaranya berhasil diselamatkan dari lokasi tersebut.

Baca Juga: Gletser Tuni di Bolivia Cair Lebih Cepat dari Prediksi

2. Pemerintah federal setempat mengatakan Angkatan Udara India telah disiapkan untuk membantu operasi penyelamatan

Kepala Menteri Uttarakhand, Trivendra Singh Rawat, mengatakan tim dari polisi dan tentara telah melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan nyawa para korban tertimpa bencana ini. Pemerintah federal setempat menyebutkan Angkatan Udara India sedang dipersiapkan untuk membantu operasi penyelamatan, sementara Menteri Dalam Negeri India, Amit Shah, mengatakan tim tanggap bencana sedang diterbangkan untuk membantu dengan bantuan dan penyelamatan. Perdana Menteri India, Narendra Modi, sedang memantau situasi ini dan bangsa India telah mendoakan untuk keselamatan para korban.

Negara bagian tetangga di sekitar Uttarakhand, Uttar Pradesh, juga telah membuat beberapa daerah tepi sungai dalam keadaan siaga tinggi untuk menghadapi banjir. Belum diketahui sampai saat ini apa penyebab bencana gletser pada hari Minggu, 7 Februari 2021, waktu setempat, tetapi negara bagian di sekitar Himalaya bagian barat memang rentan terhadap banjir bandang dan tanah longsor.

Baca Juga: Gletser Hilang, Islandia Selenggarakan Upacara Pemakaman 

Verified Writer

Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya