TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bikin Geger, National Costume Miss Grand Malaysia Mirip Kuda Lumping

Netizen geram dan mengecam tindakan Malaysia.

facebook.com/MISSGRANDINTERNATIONAL

Kabar menghebohkan datang dari perhelatan Miss Grand International 2017. Di ajang kontes kecantikan buatan pageant lovers Thailand tersebut, perwakilan Malaysia bikin geger dengan menggunakan kuda lumping sebagai national costume. 

Seperti kita ketahui, kuda lumping adalah warisan budaya asli Indonesia terkhusus dari tanah Jawa. Namun, tak tahu apa sebabnya organisasi yang memegang lisensi Miss Grand Malaysia malah menggunakan kuda lumping yang mereka namakan kuda warisan sebagai national costume untuk digunakan pada kompetisi Miss Grand International 2017. 

Netizen pun geram dengan langkah Malaysia ini! Banyak komentar pedas muncul 'mengecam'.

instagram.com/missgrandmalaysia

Semenjak diperkenalkan, national costume Miss Grand Malaysia 2017 ini memang banyak dikecam terutama oleh netizen Indonesia. Netizen yang tak terima dengan langkah Miss Grand Malaysia ini pun banyak melontarkan komentar pedas di foto Miss Grand Malaysia, Sanjeda John yang tengah memeragakan kostum Kuda Warisan. 

"No creativity, poor identity. Malingsia trully plagiarized! #shameonyoumalaysia", komentar salah satu netizen asal Indonesia yang geram dengan national costume Miss Grand Malaysia. 

"Kenapa ga pakai kostum upin ipin aja daripada mencuri budaya negara lain lihat dari negara jepang dan amerika walaupun terlihat sederhana tapi tidak mencuri budata negara lain", komentar netizen yang geram lainnya. 

"Warisan Indonesia :D", hemm benar juga ya!

Komentar pedas mengecam Malaysia pun masih berlanjut!

instagram.com/missgrandmalaysia

"Apa Malaysia miskin budaya? kok dikit2 budaya indonesia di plagiat", ujar salah satu pengguna Instagram.

"NEGARA YANG TIDAK BANGGA DENGAN BUDAYA SENDIRI", sampai di capslock lho komentarnya. Mungkin karena saking geramnya yah!

Verified Writer

Senja Kala

Gak usah kepo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya