TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Harvey Weinstein akan Diekstradisi ke California untuk Diadili

Di California, Weinstein dituduh melecehkan lima wanita

Produser film Harvey Weinstein tiba di Kantor Polisi di Manhattan, New York, Amerika Serikat, Jumat (25/5/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar

New York, IDN Times -Harvey Weinstein mantan produser film Hollywood, yang saat ini terpidana kasus pelecehan seksual, pada hari Selasa (15/6/2021) menghadapi persidangan di pengadilan New York mengenai ekstradisinya ke California.

Dalam sidang tersebut hakim memutuskan bahwa Weinstein akan menghadapi ekstradisi ke California. Di California, dia akan diadili atas tuduhan penyerangan seksual. Weinstein saat ini sedang menjalani hukuman penjara 23 tahun di New York.

1. Weinstein akan mengajukan banding

Tim hukum Harvey Weinstein akan mengajukan banding atas keputusan ekstradisi oleh pengadilan New York pada 15 Juni 2021 (ilustrasi pengadilan). (Unsplash.com/David Veksler)

Dilansir SKY News, terkait keputusan tersebut tim hukum terpidana itu menyampaikan bahwa Weinstein harus tetap di New York untuk menerima perawatan medis yang tepat, karena pria berusia 69 tahun itu menderita masalah jantung, gigi, punggung, dan "hampir buta secara teknis".

Namun, hakim Kenneth Case, yang bertugas di sidang yang berlangsung di pengadilan wilayah Erie, New York, menolak argumen tersebut, dan membuka jalan bagi Weinstein untuk dipindahkan ke California. Hakim Case kepada Norman Effman, seorang pengacara yang mewakili Weinstein, mengatakan. "Jika California tidak datang untuk menjemput Tuan Weinstein dalam jangka waktu yang wajar, tentu saja kembali menemui saya."

Pengacara Weinstein menyampaikan bahwa akan mengajukan banding atas keputusan tersebut dan akan meminta hakim Los Angeles untuk memblokir ekstradisi itu. Jaksa Los Angeles pertama kali berusaha untuk mengekstradisi Weinstein pada Juli 2020, tetapi terhambat oleh pandemik.

Mantan produser film di Hollywood itu sekarang sedang menjalani hukuman penjara 23 tahun di Lembaga Pemasyarakatan Wende, New York, dengan keamanan maksimum, di mana ia menghadiri sidang hari Selasa melalui tautan video. Dia dipenjara pada Februari 2020 karena melakukan pelecehan seksual terhadap asisten produksi pada 2006 dan pemerkosaan tingkat tiga terhadap seorang calon aktris pada 2013. Terkait kasus itu dia mengajukan banding atas keyakinan dan hukumannya dan telah membantah melakukan hubungan seks secara paksa.

Baca Juga: Harvey Weinstein, Produser Hollywood Positif Virus Corona di Penjara

Dilansir NBC News, dengan diadili di Los Angeles, Weinstein akan menghadapi 11 tuduhan penyerangan seksual tambahan di California yang melibatkan lima wanita, dia dituduh melakukan penyerangan di Los Angeles dan Beverly Hills dari tahun 2004 hingga 2013. Tuduhan tersebut termasuk pemerkosaan, persetubuhan oral secara paksa, tindakan kontak fisik seksual dengan menahan diri dan penetrasi seksual dengan menggunakan kekerasan.

Keputusan itu disambut dengan senang oleh Elizabeth Fegan, pengacara Jane Doe 4 dalam kasus Los Angeles, mengatakan keputusan pengadilan untuk mengekstradisi Weinstein ke California adalah "berita bagus."

Gloria Allred, seorang pengacara yang mewakili dua wanita dalam kasus serangan seksual di Los Angeles, mengatakan dia "sangat senang" tentang keputusan itu.

Louise Godbold, salah satu dari banyak wanita yang menuduh Weinstein melakukan kekerasan seksual, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia "senang bahwa lima wanita lagi akan memiliki kesempatan untuk menghadapi pelaku mereka di pengadilan."

2. Didakwa dengan 11 tuduhan penyerangan seksual di California

Ilustrasi Pelecehan (IDN Times/Mardya Shakti)

Verified Writer

Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya