TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bikin Bangga! Angklung Diajarkan di Universitas Yale, Amerika Serikat

Negara mereka mengenalkannya ke generasi-generasi Millenials, bagaimana dengan kita?

education.embassyofindonesia.org

Kita patut bangga karena budaya dan bahasa kita ternyata banyak diakui oleh negara-negara besar di dunia. Bahkan, tak sedikit yang membawa budaya Indonesia tersebut ke negara mereka dan mengenalkannya ke generasi Millenials.

education.embassyofindonesia.org

Di Universitas Yale Amerika Serikat, kita bisa mendengarkan sayup-sayup dentuman angklung yang di kelas Bahasa Indonesia Semester Kedua. Dentuman yang indah ini menandai dimulainya Program Bahasa dan Kebudayaan yang dilaksanakan kampus tersebut. 

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC, Ismunandar mengatakan bahwa pogram ini merupakan bagian dari Angklung Goes To School yang telah mencapai 7 negara bagian di AS.  "Tujuan dari program ini adalah mempromosikan keragaman dan keunikan Indonesia pada generasi muda Amerika," kata Ismunandar dalam keterangan tertulisnya kepada IDN Times, Rabu (22/1). 

Baca Juga: Tari Saman Tarik Perhatian Pada Festival Anak-anak Sedunia di Norwegia. 

Para profesional terjun langsung memberikan pengarahan.

education.embassyofindonesia.org

Program Bahasa dan Kebudayaan Indonesia tersebut diampuh langsung oleh para profesional di bidangnya. Salah satunya adalah Indriyo Suksmono. Sebagai pengajar Bahasa Indonesia di kampus tersebut tak pernah lupa menyisipkan pengajaran budaya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Keseriusan dalam mengenalkan budaya Indonesia di kampus tersebut juga terlihat dari diundangnya . Konduktor House of Angklung, Tricia Sumarijanto sebagai pemateri. 

Tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang budaya angklung saja, namun para siswa diberikan materi pelajaran bahasa, pengetahuan umum geografis, dan budaya Indonesia. Hal ini sangat positif guna menambah informasi atau pengetahuan bagi mahasiswa untuk mengenal Indonesia dengan lebih dalam lagi. 

Baca Juga: Bisa Main Angklung? Google Rayakan Ulang Tahun Pembuatnya, Daeng Soetigna. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya