TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jepang Kembangkan Komputer Tercepat di Dunia

Diluncurkan tahun 2020.

Sumber Gambar: klikbalikpapan.com

Jepang rencananya akan menghadirkan komputer tercepat di tahun 2020 nanti. Kehebatan spesifikasi dari komputer tersebut masih belum dijelaskan secara detail. Namun, sebagai gambarannya, komputer tersebut akan memiliki kemampuan 100 kali lebih mumpuni dibandingkan dengan komputer biasa.

Dilansir PCWorld, (20/11), Komputer “K” adalah komputer ketiga tercepat di dunia saat ini. Produk ini bahkan masuk sebagai Top 500 List of Super Computer. Komputer ini dibekali dengan prosesor Fujitsu SPARC64 VIIIfx dengan inti prosesor sebanyak 705.204 buah ditambah dengan kecepatan 10,5 petaFLOPS.

FLOPS adalah floating-point operations per second. Ini adalah istilah yang mengacu pada satuan pengukur kinerja komputer dalam hal berapa banyak kalkulasi matematis yang dilakukan dalam satu detik. 1 petaFLOPS setara dengan 1 quadriliun (1.000.000.000.000.000) kalkukasi matematis per detik.

Sumber Gambar: mipa.ub.ac.id

Komputer “K” nantinya akan dikembangkan oleh Fujitsu Jepang dalam rangka menciptakan komputer tercepat di dunia pada tahun 2020 mendatang. Proyek komputer masa depan ini kemudian diberi nama dengan “Flagshio 2020”.

Selain Jepang, Departemen Energi Amerika Serikat juga tengah menggodok komputer bertajuk "Aurora" yang rencananya akan selesai pada 2019 mendatang. Komputer tersebut dikabarkan mempunyai berkecepatan 180 petaFLOPS.

Sumber Gambar: kompas.com

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya