TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Diduga Terlibat Skandal Korupsi Presiden Korsel, Bos Samsung Akan Ditangkap

Konglomerat terkaya di Korea Selatan

Chung Sung-jun/Getty Images via fortune.com

Rumor mengenai keterlibatan konglomerat Korea Selatan dalam skandal Presiden Park Geun-hye sudah beredar sejak akhir tahun 2016. Salah satu pengusaha yang diduga berada dalam pusaran korupsi Geun-hye adalah pimpinan Grup Samsung, Jay Y. Lee. Bahkan, Jaksa penuntut umum Korea Selatan sudah mengajukan untuk menangkapnya. Dia diduga melakukan suap senilai jutaan dolar kepada seorang teman dekat Geun-hye. Geun-hye sendiri saat ini sedang menghadapi pemakzulan atau impeachment.

Baca Juga: Lebih dari 1 Juta Rakyat Korea Selatan Turun ke Jalan Menuntut Presiden Mundur

Keputusan ini diambil setelah pimpinan Grup Samsung tersebut diinvestigasi kepolisian Korea Selatan selama 22 jam.

Kim Hong-ji/REUTERS

Seperti dilaporkan oleh Reuters, minggu lalu , Lee telah menjalani investigasi selama 22 jam penuh dalam kasus skandal korupsi yang melibatkan Presiden Park Geun-hye. Dari investigasi tersebut, jaksa menuduh Jay telah melakukan suap sebesar lebih dari Rp 480 miliar kepada Choi Soon-sil, teman dekat dari Park, yang juga berada dalam pusaran skandal.

Selain suap, Jay juga dituduh melakukan penggelapan aset serta melakukan sumpah palsu. Pihak Pengadilan Tinggi Seoul sendiri memutuskan untuk mengadakan persidangan pada hari Rabu tanggal 18 Januari 2017 untuk memutuskan apakah akan mengeluarkan surat penangkapan yang diminta jaksa. Pengadilan menyebut meski urusan kondisi ekonomi penting, tapi keadilan tetap harus ditegakkan. Jay sendiri merupakan konglomerat terkaya di Korea Selatan dan memiliki sepertiga saham di bursa saham negara tersebut.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Skandal Presiden Korea Selatan

 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya