TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari Hutan Sedunia: Tanam Lebih Banyak Pohon di Perkotaan

Tema Hari Hutan Sedunia pada 21 Maret 2018 adalah Hutan dan Kota yang Berkelanjutan.

FAO

New York, IDN Times - Hari Hutan Sedunia diperingati setiap 21 Maret. Untuk tahun 2018, tema yang diusung adalah Hutan dan Kota yang Berkelanjutan. Tema tersebut menekankan pentingnya kehadiran hutan di tengah kota.

Baca juga: Semakin Bahaya, 9 Juta Orang Tewas karena Polusi

1. Pembangunan di kawasan urban tak seharusnya mengorbankan lingkungan

FAO

Badan pangan dunia PBB (FAO) mengimbau agar para pemangku kepentingan untuk tak hanya berinvestasi secara ekonomi, melainkan juga menciptakan hutan-hutan urban untuk mengatasi polusi, perubahan iklim serta krisis air bersih.

Manajemen pembangunan yang tak berorientasi kepada kelestarian lingkungan justru membuat wilayah perkotaan rawan bencana, misalnya banjir. Tak hanya mengancam perekonomian itu sendiri, rusaknya lingkungan juga berdampak pada menurunnya kondisi fisik serta mental penduduk. 

2. 70 persen penduduk dunia akan tinggal di perkotaan

FAO

Menurut data PBB, lebih dari separuh populasi dunia saat ini tinggal di kota. Kemudian, pada 2050 mendatang, diprediksi ada hampir 70 persen manusia bumi yang melakukan urbanisasi. Perkotaan juga mengonsumsi 78 persen energi serta mengeluarkan 60 persen total karbondioksida dunia.

Fakta ini mengkhawatirkan bila tak segera direspons dengan kebijakan yang tepat dan berwawasan lingkungan, salah satunya adalah dengan menghadirkan banyak pepohonan di tengah kota. Bukan hanya manusia yang akan diuntungkan, tapi juga makhluk hidup lainnya.

"Hutan dan pepohonan yang dirawat dengan baik di tengah serta sekitar perkotaan akan menghasilkan habitat, makanan dan perlindungan untuk banyak tumbuhan dan binatang, juga membantu menjaga dan meningkatkan keragaman keanekaragaman hayati," kata José Graziano da Silva, direktur FAO.

Baca juga: Polusi Udara Memburuk, Wanita Ini Tuntut Pemerintah Prancis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya