TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

India, Negara dengan Selfie Berujung Maut Terbanyak

Ada yang tenggelam saat selfie.

AP via New York Post

Swafoto atau selfie adalah salah satu kegemaran setiap orang yang memiliki telepon genggam. Pada 2016 lalu, Google bahkan menyebutkan ada lebih dari 24 miliar selfie yang diunggah netizen dalam kurun waktu setahun. Rupanya, hobi melakukan selfie bisa berujung maut. Inilah kenyataan yang terjadi di India.

Baca Juga: 6 Foto Artis "Selfie", Bukti Kalau Swafoto Sudah Ada Sejak Tahun 1960-an

Maraknya kematian saat selfie.

AP via New York Post

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Carnegie Mellon University dan Indraprastha Institute of Information Delhi, 76 dari 127 laporan kematian saat melakukan selfie sepanjang 18 bulan terjadi di India. Penelitian tersebut mengambil jangka waktu sejak Maret 2014 hingga September 2016.

Saking maraknya, otoritas di Mumbai sampai mempertimbangkan untuk mengeluarkan aturan "bebas selfie" di 15 titik di kota tersebut. Seorang psikolog bernama Salma Prabhu mengatakan kepada Times of India mengapa selfie sangat diminati hingga bisa membuat seseorang terjebak dalam bahaya, bahkan kehilangan nyawa.

"Kehebohannya sangat berlebihan, tak hanya di kalangan anak muda, tapi orang dewasa. Memotret sebuah elemen keseruan dan sesegera mungkin mengunggahnya ke Facebook, Instagram atau SnapChat adalah mantranya. Jumlah orang yang melihat, memberikan likes, loves, reaksi wow, retweet dan follower itu penting. Kolom komentar mengisi ketiadaan rasa percaya diri. Tak ada satupun yang ingin tertinggal."

Baca Juga: 5 Pose Bikin Foto Selfie Keren ala Selebgram Idola

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya