TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pangeran Arab Saudi Beli Kastil Prancis Senilai Rp 4 Triliun

Kira-kira bayarnya tunai gak tuh?

Patrice Diaz/Wikimedia Commons

Paris, IDN Times - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman diketahui sebagai pemilik sebuah kastil senilai Rp 4 triliun. Seperti dilaporkan The New York Times, kastil yang terletak di sebelah barat Paris tersebut dibeli calon penerus takhta kerajaan Arab Saudi itu pada 2015 lalu.

Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi Janjikan Negara Islam yang Terbuka

1. Dugaan bahwa Mohammed bin Salman adalah pemiliknya diungkap oleh Mediapart.

ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Pada 2015, seseorang yang tidak dipublikasikan identitasnya membeli kastil super mewah itu melalui beberapa perusahaan cangkang. Baru belakangan ini terungkap identitasnya setelah pihak keluarga kerajaan mengonfirmasinya. Sebelumnya, mereka menolak untuk berkomentar mengenai laporan itu usai situs investigatif Mediapart mempublikasikan temuan mereka pada Juli lalu.

2. Kastil itu disebut-sebut sebagai rumah termahal di dunia.

Patrice Diaz/Wikimedia Commons

Meski desain eksteriornya terlihat seperti bangunan dari abad 17, tapi sebenarnya kastil itu baru saja didirikan. Dengan harga Rp 4 triliun, Mohammed bin Salman disebut-sebut sebagai pemilik rumah termahal di dunia.

Hal ini dilaporkan oleh majalah Fortune yang juga mengungkap bahwa kastil bernama Louis XIV itu bisa dikontrol dengan sebuah iPhone. Di dalam kastil yang lokasinya dekat dengan Versailles itu terdapat beragam fasilitas modern seperti bioskop pribadi kamar bawah tanah yang atapnya merupakan kolam ikan koi dan bisa dilihat oleh tamu di sana.

Baca juga: Ditutup 35 Tahun, Arab Saudi Kembali Beri Izin Bioskop

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya