TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Karena Isu Ini, Paus Fransiskus Dituding Sesatkan Jemaat

Dia dianggap menyimpang dari ajaran Katolik

ANTARA FOTO/REUTERS/Federico Rios

Pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus, dituding menyebarkan ajaran sesat oleh sejumlah akademisi dan golongan pendeta. Pada 11 Agustus lalu, mereka mengirimkan sebuah surat berisi protes dan ditandatangani lebih dari 22 orang kepadanya.

Baca juga: Paus Fransiskus Minta Penderitaan Muslim Rohingya Dihentikan

Paus Fransiskus dianggap menyimpang dari ajaran Katolik.

ANTARA FOTO/REUTERS/Stefano Rellandini

Dikutip dari CNN, melalui surat itu, mereka mengklaim mewakili banyak pendeta dan umat Katolik yang selama ini tidak memiliki kebebasan berbicara. Mereka menuding Paus Fransiskus mendukung ajaran sesat terkait pernikahan, kehidupan moral dan Ekaristi.

Penyebabnya adalah dokumen bernama Amoris Laetitia yang dirilis pada April 2016. Dalam dokumen itu, Paus Fransiskus mengimbau Gereja Katolik untuk lebih menerima "para anggota yang tidak sempurna". Orang yang dimaksud adalah umat Katolika yang harus bercerai.

ANTARA FOTO/REUTERS/Max Rossi

Selama ini mereka tidak bisa menerima komuni saat misa. Paus Fransiskus ingin agar para pastor membuat keputusan kasus per kasus dalam urusan perceraian atau pernikahan kembali agar mereka bisa diintegrasikan kembali dengan gereja.

Perceraian adalah salah satu hal yang sangat dikecam dalam ajaran Katolik. Siapapun yang telah bercerai dilarang menerima komuni kecuali mereka berjanji tidak melakukan hubungan seksual dengan pasangan baru. Dalam Katolik, pernikahan pertama masih bersifat sah. Bila dilanggar, berarti orang tersebut melakukan perzinahan.

Baca juga: Sebut Tokoh Agama Katolik Munafik, Duterte Minta Mereka Coba Narkoba

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya