TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Promosikan Kulit Putih, Iklan Nivea Ini Dituduh Rasis

Kalau mau cakep, harus punya kulit putih, gitu?

Nivea

Produk perawatan tubuh perempuan asal Jerman, Nivea, menuai kritikan setelah meluncurkan sebuah iklan krim pencerah kulit bernama Nivea's Natural Fairness. Dalam iklan tersebut seorang model perempuan berkulit hitam ditampilkan seakan buruk rupa. Warganet menyebut Nivea bersikap rasis.

Baca juga: Anggap Kulit Putih Lebih Cantik, Dove Dihujat Warganet

Iklan itu ditayangkan di Afrika.

Nivea

Dalam iklan berdurasi 33 detik itu Nivea menggunakan perempuan kulit hitam yang tidak percaya diri dengan warna kulitnya. Setelah memakai produk Nivea tersebut, kulitnya bertambah cerah sehingga ia kian percaya diri. Lalu, ia pun dipuji cantik oleh seorang laki-laki.

Parahnya, dalam proses menggunakan produk Nivea, kulitnya ditampilkan sangat kontras dengan warna naturalnya untuk mengesankan bahwa kulit cerah atau putih itu lebih baik. Sang model asal Nigeria, Omowunmi Akinnifesi, berkata,"Kini aku punya kulit yang lebih cerah, membuatku merasa lebih muda."

Hal yang tak kalah tragis adalah iklan Nivea itu ditayangkan di Afrika, di mana mayoritas perempuan, secara alami, memang berkulit gelap. Sejak viral, pihak Nivea mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tak bermaksud menyinggung siapapun.

Lebih lanjut, Nivea menyatakan,"Kami menghargai hak setiap konsumen untuk memilih produk yang tepat berdasarkan pilihan pribadi mereka, dan kami dibimbing oleh itu untuk menyediakan pilihan produk perawatan kulit berkualitas tinggi."

Baca juga: Iklan Dove Dihujat, Sang Model Angkat Bicara

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya