TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rusia dan Amerika Serikat Tolak Pelarangan Robot Pembunuh

Tesla dan Alphabet justru menyatakan sebaliknya.

Ilustrasi (pixabay)

Jenewa, IDN Times - Perwakilan pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Rusia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menolak pelarangan terhadap pengembangan dan penggunaan robot pembunuh. Dalam rapat di markas PBB di Jenewa pada Sabtu lalu (1/9), mayoritas negara sepakat untuk mengatur robot pembunuh dikategorikan sebagai sistem persenjataan otonom mematikan (LAWS).

Baca Juga: Bawa Serpihan Drone, Netanyahu Mengaku Siap Lawan Iran

1. Sikap AS dan Rusia itu menghentikan PBB dalam membuat keputusan

stopkillerrobots.org

Sebagian besar negara anggota PBB sebenarnya sepakat bahwa perjanjian internasional mengenai robot pembunuh adalah hal yang sangat penting. Namun, PBB menganut sistem konsensus dalam membuat sebuah resolusi.

Akibatnya, ketika AS dan Rusia menyatakan tidak setuju dengan usulan itu, PBB tidak bisa menuruti suara mayoritas anggota. Dikutip dari The Independent, negara-negara anggota PBB pun akhirnya harus puas dengan terus melanjutkan eksplorasi "pilihan-pilihan demi pekerjaan di masa depan".

Baca Juga: Bukan Sekadar Mobil Listrik, Inilah 4 Sisi Lain Tesla

2. Masih banyak negara belum sepakat mengenai definisi senjata otonom yang mematikan

stopkillerrobots.org

Sekjen PBB, Antonio Guterres menyatakan dukungan terhadap adanya perjanjian yang mengikat dan berisi aturan terkait robot pembunuh. Menurutnya, semakin banyak pihak yang setuju bahwa "setidaknya pengawasan manusia terhadap penggunaan senjata itu penting". 

PBB meluncurkan agenda tentang pelucutan senjata pada 24 Mei 2018. Di dalamnya, PBB mengakui bahwa para "pakar robot, pengusaha teknologi, pekerja kemanusiaan, masyarakat sipil dan pemerintah menyuarakan kekhawatiran mengenai implikasi yang mungkin terjadi akibat dari pengembangan sistem senjata otonom yang mematikan". 

Meski demikian, belum ada kesepakatan antara berbagai aktor pembuat keputusan mengenai definisi sistem senjata otonom yang mematikan. Dengan perkembangan terbaru di mana dua negara Dewan Keamanan PBB menolak kemajuan dalam pembahasan robot pembunuh, maka bisa diprediksi masalah definisi ini juga akan lama untuk diselesaikan.

Baca Juga: Benarkah Robot Akan Gantikan Manusia di Masa Depan? Ini 6 Prediksinya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya