TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

2 Staf di Markas WHO Positif Terinfeksi Virus Corona

Sistem kesehatan Swiss terancam kolaps karena banjir pasien

Para aktivis partai National Corps memakai pakaian pelindung berpartisipasi dalam reli menuntut untuk mengarantina anggota legislatif karena COVID-19, di depan gedung parlemen Ukraina di Kiev, Ukraina, pada 17 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Valentyn Ogirenko

Jenewa, IDN Times - Dua staf dari badan kesehatan dunia (WHO) dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru atau COVID-19. Informasi ini diungkap oleh seorang pejabat WHO pada Selasa (17/3). WHO merupakan organisasi PBB yang bermarkas di Jenewa, Swiss, dan bertanggung jawab memimpin perang melawan COVID-19.

Dilansir Reuters, ini merupakan kasus pertama yang ada di badan WHO. Sebelumnya, satu kasus positif COVID-19 juga terjadi di organisasi perdagangan dunia (WTO) pada minggu lalu. Baik WHO maupun WTO berlokasi di markas PBB yang sama.

Baca Juga: WHO: Lawan Virus Corona dengan Social Distancing Saja Tidak Cukup!

1. Keduanya memperlihatkan gejala setelah pulang dari kantor

Para aktivis partai National Corps memakai pakaian pelindung berpartisipasi dalam reli menuntut untuk mengarantina anggota legislatif karena COVID-19, di depan gedung parlemen Ukraina di Kiev, Ukraina, pada 17 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Valentyn Ogirenko

Juru bicara WHO Christian Lindmeier menginformasikan kepada para jurnalis bahwa dua staf tersebut baru memperlihatkan gejala-gejala COVID-19 usai pulang dari kantor pada minggu lalu. "Staf itu meninggalkan kantor dan kemudian di rumah menunjukkan gejala-gejala dan dites dan terkonfirmasi positif COVID-19," kata Lindmeier.

"Oleh karena itu, kami memiliki dua kasus yang sudah dikonfirmasi," lanjutnya.

Lindmeier juga menambahkan, WHO telah melakukan tes kepada para karyawan lainnya yang berada di gedung itu. Hasilnya menunjukkan tidak ada kasus baru. Sejauh ini belum jelas apakah dua staf yang terinfeksi ikut dalam tim respons COVID-19.

2. WHO melakukan konferensi pers online

Petugas medis memindahkan pasien COVID-19 dari unit perawatan intensif Gemelli Hospital ke Columbus Covid Hospital, Roma, Italia, pada 16 Maret 2020. ANTARA FOTO/Gemelli Policlinico/Handout via REUTERS

Ada sekitar 2.400 staf dan konsultan yang bekerja di markas WHO di Jenewa. Sebagian besar kini memutuskan untuk bekerja dari rumah untuk mengurangi potensi penyebaran virus lebih luas mengingat transmisi COVID-19 yang sangat cepat. Para pejabat tinggi WHO pun sudah tidak lagi melakukan konferensi pers tatap muka dengan media.

Mereka sekarang menggunakan alternatif jumpa pers online melalui live streaming. Salah satunya adalah dengan menyiarkannya lewat Twitter dan Facebook. Pertemuan-pertemuan penting juga dilakukan lewat komunikasi telepon atau dengan bantuan internet.

Baca Juga: Pandemik Virus Corona, Baca Surat Pakar Virus untuk Anak-anaknya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya