TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ingin Jadi Influencer? Begini Syarat dan Hitung-hitungannya

Berminat?

Instagram Zoella

Pada Agustus lalu IDN Times membahas tentang peran influencer Indonesia dalam mempromosikan beragam produk atau acara melalui akun Instagram mereka dalam fitur For Your Infographics. Jumlah followers ternyata mempengaruhi berapa banyak tarif per post.

Misalnya, untuk influencer yang memiliki followers di atas 100.000, mereka tergolong ke dalam tier 1 dengan bayaran yang pastinya lebih besar dari yang mempunyai jumlah followers lebih sedikit. Hal yang kurang lebih sama juga berlaku untuk para influencer internasional.

Baca juga: Terlihat Sempurna, Influencer Tiongkok Ini Ungkap Kehidupan Aslinya

Seorang influencer harus mempunyai minimal 3.000 followers di media sosial.

Instagram Chiarra Ferragni dan Sincerely Jules

TRIBE adalah salah satu perusahaan yang bertugas untuk menghubungkan para influencer dengan pasar, termasuk merek yang ingin menggunakan jasa mereka. Sejak diluncurkan hampir dua tahun lalu, TRIBE sudah mewakili lebih dari 20.000 influencer dan ikut bertanggungjawab dalam lebih dari 3.500 kampanye beragam merek. Ada lebih dari 150.000 konten yang sudah dihasilkan berkat kerja sama itu.

Dalam sebuah wawancara, Georgie Cavanagh, Kepala Kerjasama Creator dan Merek TRIBE, mengatakan bahwa seorang influencer minimal harus memiliki 3.000 followers di Instagram, Facebook atau Twitter.

Peran mereka dianggap signifikan oleh perusahaan yang ingin memasarkan produk dengan cara yang lebih murah, tapi bisa menjangkau lebih banyak orang. Cavanagh mencontohkan bahwa,"Daripada membayar satu orang Rp 66 juta untuk satu post yang menjangkau 500.000 followers, korporasi bisa membayar 20-30 influencer sekaligus dengan harga yang sama berkat teknologi."

Baca juga: Ternyata, Cyber-bullying Paling Banyak Terjadi di Instagram

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya