TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lansia Jepang Anggap Kehidupan di Penjara Lebih Baik

Mereka rela mengutil di toko agar tertangkap dan tinggal di balik jeruji besi.

unsplash.com/Mitchell Ng Liang

Tokyo, IDN Times - Salah satu hal aneh yang kian marak di Jepang adalah banyak orang-orang tua yang sengaja masuk penjara. Mereka melakukan kejahatan-kejahatan sepele seperti mengutil barang di supermarket agar ditangkap polisi.

Baca juga: Menjomblo, Makin Banyak Pria Jepang Kesepian di Usia Senja

1. Mereka meyakini kehidupan di penjara jauh lebih baik

unsplash.com/Cristian Newman

Bloomberg melaporkan bahwa dalam beberapa waktu terakhir penangkapan warga lanjut usia di Jepang melebihi rata-rata dibandingkan kategori usia yang lain. Dalam satu dekade, jumlahnya meningkat empat kali lipat. 

Di penjara sendiri bisa ditemukan satu dari lima tahanan adalah orang berusia lanjut. Mayoritas adalah perempuan yang sengaja mengutil saat berbelanja. Mereka rela ditahan karena meyakini bahwa kehidupan lebih terjamin di balik jeruji besi.

2. Populasi Jepang kian menua dan kondisi mereka tidak terlalu baik

unsplash.com/Mitchell Ng Liang

Antara tahun 1985 hingga 2015, populasi warga senior di Jepang meroket hingga 600 persen. Separuh dari mereka yang dipenjara setelah tertangkap karena mencuri di toko dilaporkan tinggal seorang diri. Pemerintah mengungkap bahwa 40 persen dari mereka mengaku tak punya keluarga.

Jika ada, mereka hampir tak pernah saling berkomunikasi. Oleh karena itu, bagi orang-orang tersebut, lebih baik tinggal di penjara di mana mereka diurus oleh pengelola tahanan. 

"Mereka mungkin punya rumah. Mereka mungkin punya keluarga. Tapi itu tak berarti bahwa mereka punya tempat yang membuat merasa seperti di rumah," kata Yumi Muranaka yang merupakan kepala sipir penjara khusus perempuan.

Baca juga: Tak Hanya Warganya, Panda di Jepang Juga Mulai "Bekerja" Lembur

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya