TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perang Rusia-Ukraina Terkini: Sengit di Bakhmut! 

Ukraina mengklaim telah menewaskan 1.000 tentara Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (Twitter.cm/Defense of Ukraine)

Jakarta, IDN Times - Pasukan Rusia dan Ukraina dilaporkan kini tengah bertempur di kota Bakhmut, kota yang diklaim telah diduduki oleh kelompok tentara bayaran Rusia, Grup Wagner.

Kedua negara ini saling klaim banyak menewaskan satu sama lain, meski laporan keduanya belum bisa diverifikasi kebenarannya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengklaim berhasil menewaskan lebih dari 1.100 tentara Rusia, sementara Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan mereka telah membunuh lebih dari 200 tentara Ukraina di wilayah Donetsk.

Baca Juga: Grup Wagner Minta Media Berhenti Beritakan Bakhmut Direbut 

Baca Juga: Ukraina: Pasukan Terbaik Rusia Hancur di Pertempuran Bakhmut

1. Sungai Bakhmutka jadi lokasi pertempuran

Dilansir dari The Guardian, Senin (13/3/2023), sumber dari intelijen Inggris membeberkan bahwa Sungai Bakhmutka menjadi lokasi dari pertempuran pasukan dua negara.

Ukraina juga mengatakan bahwa Rusia terus menyerang kota Lyman, Avdiivka, Maryinka dan Shaktar yang ada di wilayah Donetsk.

“Musuh tidak pernah berhenti untuk merebut Bakhmut,” sebut militer Ukraina.

Baca Juga: Ukraina Klaim Tahan Serangan Rusia di Bakhmut 

2. NATO memperkirakan Bakhmut akan diduduki Rusia

Sementara itu, Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg memperingatkan bahwa kota Bakhmut di timur Ukraina bisa saja jatuh ke tangan Rusia dalam beberapa hari mendatang, setelah pertempuran sengit berbulan-bulan.

Pernyataan Stoltenberg ini muncul ketika kelompok tentara bayaran Wagner Rusia mengklaim telah menduduki wilayah Bakhmut bagian timur, pekan lalu.

Para menteri negara Uni Eropa kini juga sedang mendiskusikan untuk peningkatan pertahanan dan mempercepat amunisi ke Ukraina.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya