TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

RI-Arab Saudi Gelar Pertemuan, Menlu Retno Minta Kuota Haji Ditambah

Tahun ini kuota haji Indonesia paling tinggi

Pertemuan Menlu RI Retno Marsudi dengan Menlu Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saud. (IDN Times/Sonya Michaella)

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Faisal bin Farhan Al Saud. Salah satu isu yang dibahas adalah kuota haji untuk Indonesia.

Tahun ini, Indonesia mendapatkan kuota haji 100.051 jemaah. Kloter pertama jemaah haji pun sudah diberangkatkan ke Tanah Suci pada 4 Juni 2022.

Baca Juga: Perpisahan Jemaah dan Keluarga di Balik Pagar Asrama Haji Pondok Gede

1. Kuota haji tertinggi pasca-pandemik COVID-19

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (ANTARA FOTO/Suwandy)

Retno mengapresiasi kuota haji yang diberikan Arab Saudi untuk Indonesia pada tahun ini. Sebab, kuota haji terbilang cukup tinggi untuk peziarah asing.

“Saya mengapresiasi untuk kuota haji tahun ini sebanyak 100.051 jemaah. Ini adalah jumlah terbesar yang diberikan kepada peziarah asing, dan saya berharap yang terbaik bagi Arab Saudi dalam melaksanakan haji tahun ini,” kata Retno, dalam konferensi pers daring, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga: Kemenag Pastikan Jemaah Haji yang Wafat di Saudi Akan Dibadalhajikan

2. Indonesia berharap kuota haji akan bertambah

Ilustrasi Suasana Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Dalam perbincangannya dengan Faisal, Retno mengutarakan harapan agar kuota haji dapat bertambah pada tahun-tahun mendatang.

“Karena tidak ada ziarah dalam beberapa tahun terakhir karena pandemik, kami berharap kuota haji ini dapat ditingkatkan di tahun-tahun mendatang,” ungkap Menlu.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya