TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Canggih! Perusahaan Israel Buat Burger Nabati dengan Printer 3D 

Dibutuhkan enam menit untuk mencetak satu burger

Burger nabati yang dibuat dengan printer 3D perusahaan SavorEat. (twitter.com/Gadgety | גאדג'ט)

Jakarta, IDN Times - Perusahaan teknologi makanan asal Israel, SavorEat, meluncurkan printer 3 dimensi (3D) yang bisa memproduksi burger nabati. Adapun kartrid yang dipakai dalam printer tersebut berisi minyak dan bahan lainnya. 

Pelanggan dapat memilih berapa banyak lemak dan protein yang mereka inginkan di setiap burger dan akan langsung dibuat di tempat. Kendati begitu, proses memasak burger tergolong lama, yaitu membutuhkan waktu selama enam menit untuk setiap burger.

Baca Juga: Resep Burger Pedas Berbahan Jagung dan Kacang Polong

1. Perusahaan pertama yang berinovasi untuk hal semacam itu

Printer 3D pembuat burger nabati. (twitter.com/James Spiro)

Melansir Reuters, perusahaan tersebut menjadi yang pertama menerapkan teknologi pencetakan 3D untuk memasak makanan. Hal tersebut menjadi sebuah kemajuan karena biasanya burger vegan dari perusahaan, seperti Impossible Foods dan Beyond Meat, dibekukan terlebih dahulu kemudian dibuat di atas panggangan.

Kepala eksekutif SavorEat, Racheli Vizman, mengatakan bahwa langkah tersebut merupakan campuran inovasi alternatif daging dan manufaktur digital.

Dia juga mengatakan, burger perusahaan dibuat dengan kombinasi kentang, buncis, dan protein kacang polong.

2. Tren burger nabati semakin tinggi di Israel

Ilustrasi burger (pixabay.com/Sstoyanov)

Burger yang terbuat dari bahan-bahan nabati tersebut dipicu oleh permintaan terhadap alternatif daging yang telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir. Kesadaran konsumen terhadap kesehatan dan masalah lingkungan mendorong semua tindakan itu.

Sejalan dengan tindakan tersebut, perusahaan rintisan protein alternatif berhasil memperoleh keuntungan hingga 3 milliar dolar AS pada 2020. Sebuah perusahaan Israel lainnya pada bulan lalu juga telah mulai menjual potongan daging nabati utuh di restoran Eropa.

Baca Juga: Resep Burger Sushi, Nikmatannya Bikin Susah Move On   

Verified Writer

Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya