Apa penyebab Insiden dalam Perayaan Halloween di Itaewon?

Sebanyak 151 orang dilaporkan tewas di insiden Itaaewon

Jakarta, IDN Times - Penyebab insiden dalam perayaan Halloween di Itaewon, Sabtu (29/10/2022) masih diselidiki. Namun, sejumlah media lokal menyebut kabar tentang kehadiran artis yang tidak diketahui identitasnya di lokasi perayaan telah menyebabkan massa berdesakan, tulis The Guardian.

Menurut Kantor Berita Yonhap, dugaan tentang adanya kebocoran gas atau kebakaran di lokasi perayaan dipastikan tidak terbukti.

Saksi mata melaporkan kekacauan terjadi di tengah massa pengunjung perayaan Halloween itu, berdesakan di jalan-jalan sempit di dekat stasiun Itaewon. Beberapa di antara mereka mencoba meninggalkan daerah itu setelah malam perayaan.

Beberapa orang bahkan tidak bisa bergerak sama sekali dalam kerumunan. Banyak yang tidak dapat mendengar satu sama lain karena kebisingan. Mereka juga tidak bisa meminta bantuan karena kurangnya koneksi telepon seluler.

Wartawan BBC Hosu Lee, yang mengunjungi tempat kejadian, mengatakan dia menyaksikan banyak pekerja medis, ambulans yang membawa jenazah satu per satu. Sejumlah jenazah ditutupi kain biru, di samping "satu ton" petugas polisi.

"Banyak anak muda berkumpul di sini malam ini. Banyak orang datang ke pesta dan klub, mengenakan kostum dan banyak orang yang saya lihat putus asa dan sedih, saya juga melihat scene yang chaotic," kata Lee.

Sejauh ini, 151 orang dilaporkan tewas akibat insiden di Itaaewon sementara 82 lainnya terluka. Yonhap melaporkan bahwa sejumlah orang mengalami serangan jantung. Petugas darurat melaporkan telah memberikan bantuan terhadap setidaknya 81 orang yang kesulitan bernapas.

Baca Juga: 270 Orang Dilaporkan Hilang usai Tragedi Pesta Halloween Itaewon 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya