Kronologi Tragedi Halloween Itaewon, Banyak Korban Tewas Gagal Napas

Perayaan Halloween berujung petaka di Itaewon

Jakarta, IDN Times - Gelombang massa yang berdesakan dalam perayaan Halloween di distrik Itaewon, Seoul, Korea Selatan Sabtu (29/10/2022) malam, berujung kematian seratusan orang. Menurut data terakhir yang dirilis Badan Pemadam Kebakaran Nasional Korsel per 146 orang tewas dan lebih dari seratus orang terluka, dilaporkan Washington Post.

The Korea Herald melaporkan, ada sekitar 100 ribu orang yang merayakan acara Halloween di Itaewon. Mereka sekaligus merayakan tanpa masker dan aturan menjaga jarak yang pertama sejak pandemik melanda.

Saksi mata melaporkan kekacauan terjadi di tengah massa pengunjung perayaan Halloween itu, berdesakan di jalan-jalan sempit di dekat stasiun Itaewon. Beberapa di antara mereka mencoba meninggalkan daerah itu setelah malam perayaan.

Beberapa orang bahkan tidak bisa bergerak sama skali dalam kerumunan. Banyak yang tidak dapat mendengar satu sama lain karena kebisingan. Mereka juga tidak bisa meminta bantuan karena kurangnya koneksi telepon seluler.

Otoritas tersebut menyebut pihaknya mendapatkan laporan pertama pada pukul 10.22 malam waktu setempat, kondisi darurat di mana banyak orang mangalami kesulitan bernapas di Itaewon, Yongsan-gu, pusat kota Seoul. Mereka dilaporkan berdesak-desakan di jalanan sempit dekat Hotel Hamilton.

Sekitar pukul 11:30 malam, petugas penyelamat darurat melakukan CPR pada puluhan orang yang pingsan di dekat Hotel Hamilton di Itaewon. Laporan awal mengatakan ada sekitar 50 pasien yang mengalami serangan jantung di tempat kejadian.

Pemadam kebakaran mengeluarkan respons darurat tahap pertama pada pukul 10:38 malam,  kemudian meningkatkannya darurat tahap tiga pada pukul 11:50. Sebanyak 848 personel, termasuk 364 petugas pemadam kebakaran, dikerahkan untuk menangani kecelakaan itu dan 142 ambulans dikerahkan

Kantor Berita Yonhap melaporkan bahwa beberapa orang mengalami serangan jantung. Petugas darurat melaporkan telah memberikan bantuan terhadap setidaknya 81 orang yang kesulitan bernapas.

Penyebab insidan dalam perayaan Halloween di Itaewon, Sabtu (29/10/2022) masih diselidiki. Namun, sejumlah media lokal menyebut kabar tentang kehadiran artis yang tidak diketahui identitasnya di lokasi perayaan telah menyebabkan massa berdesakan, tulis The Guardian.

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya