PM Malaysia Ajak Dunia Berperan Cari Solusi Konflik Timur Tengah

Iran lancarkan serangan balasan ke Israel Minggu dini hari

Jakarta, IDN Times - Malaysia berpendapat semua pihak harus berperan untuk memastikan ketegangan di Timur Tengah agar tidak terus meningkat. Pernyataan itu menyusul konflik yang memanas setelah serangan balasan Iran terhadap Israel pada Minggu (14/4/2024) dini hari.

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan hal itu demi perdamaian dan kepentingan universal, serta semua pihak harus berupaya mencapai solusi dengan mengakhiri konflik di sana.

Pernyataan itu disampaikan PM Anwar melalui akun media sosialnya diakses, dikutip Senin.

Baca Juga: Menlu Iran: Kami Tak Berniat Tingkatkan Eskalasi Konflik Kawasan

1. Serangan Iran respons atas serangan Zionis

PM Malaysia Ajak Dunia Berperan Cari Solusi Konflik Timur TengahIran luncurkan penyerangan udara ke langit Israel dengan drone. (x.com/clashreport/subodhrebel)

Menurut Anwar, serangan yang dilancarkan Republik Islam Iran merupakan respons atas serangan biadab Zionis Israel terhadap Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Suriah baru-baru ini.

"Hal itu jelas merupakan pelanggaran hukum dan undang-undang internasional. Solusi apa pun yang dipilih tidak akan berkelanjutan jika kekerasan yang terjadi saat ini tidak segera diakhiri," katanya, dilansir ANTARA.

2. Saatnya mengakhiri konflik Timur Tengah

PM Malaysia Ajak Dunia Berperan Cari Solusi Konflik Timur TengahPasukan militer Israel dalam sebuah aksi penyelematan nyawa yang dilakukan oleh Unit 669 (Unit Penyelamatan Khusus Taktis) selama perang di Gaza. (instagram.com/@israeliairforce)

Pernyataan itu disampaikan Anwar usai mengadakan pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi, Menteri Pertanian dan Ketahanan Pangan Mohamad Sabu dan pejabat tinggi Pemerintah lainnya untuk membahas situasi terkini di kawasan Timur Tengah.

Meski demikian, ia mengatakan Malaysia tetap teguh pada pendiriannya untuk berpihak pada rakyat Palestina yang terus menderita akibat krisis ini.

"Kini saatnya semua pihak berperan dalam mendorong diakhirinya ketegangan tersebut."

Baca Juga: Penembakan di Bandara KLIA Malaysia, 1 Orang Terluka

3. Malaysia pantau ketat dampak konflik Timur Tengah ke ekonomi

PM Malaysia Ajak Dunia Berperan Cari Solusi Konflik Timur Tengahbendera Malaysia (unsplash.com/mkjr_)

Ia mengatakan Pemerintah Malaysia kini memantau dengan cermat perkembangan tersebut serta posisi pasar keuangan, termasuk potensi dampaknya terhadap negara tersebut.

Selain itu, pemerintah akan bertindak bijaksana untuk memperkuat stabilitas ekonomi dan keuangan negara tersebut. Pemerintah juga memperhitungkan faktor-faktor apa pun yang mungkin mempengaruhi warga Malaysia, kata Anwar.

Baca Juga: Indonesia Desak Dewan Keamanan PBB Redakan Ketegangan Iran-Israel

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya