Brasil Sita 28,7 Metrik Ton Sirip Hiu, Terbesar dalam Sejarah Brasil!

Siripnya dipotong, sisa tubuhnya dibuang ke laut

Jakarta, IDN Times - Pihak berwenang Brazil, pada Senin (19/6/2023), melaporkan telah menyita 28,7 metrik ton sirip hiu yang diperoleh secara ilegal dan akan diekspor ke Asia, dalam apa yang mereka sebut sebagai penyitaan sirip hiu terbesar di dunia.

Badan Perlindungan Lingkungan Ibama memperkirakan, pengiriman itu menyebabkan kematian sekitar 10 ribu hiu dari dua spesies berbeda, hiu biru dan hiu mako sirip pendek, yang masuk dalam daftar spesies terancam punah di Brasil pada Mei.

"Kekhawatiran ini secara terpadu merupakan yang terbesar yang tercatat di dunia, terutama mengingat ini adalah penyitaan di sumber tempat hiu ditangkap," kata Ibama dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Straits Times.

1. Brasil diminta untuk memperketat aturan

Brasil Sita 28,7 Metrik Ton Sirip Hiu, Terbesar dalam Sejarah Brasil!Sirip hiu (unsplash.com/Gerald Schömbs)

Operasi Ibama menargetkan dua perusahaan berbeda, tetapi yang lain masih dalam penyelidikan, kata Jair Schmitt selaku kepala badan perlindungan lingkungan.

“Praktek ini sudah berulang di Brasil. Beberapa tahun yang lalu kami menemukan sekitar tujuh atau delapan metrik ton hiu, yang disita di negara bagian Para, dengan metode pemotongan sirip yang serupa,” katanya, mengacu pada metode memotong sirip hiu dan membuang sisa hewan ke laut.

Memerangi perusakan fauna dan flora Brasil adalah tujuan utama pemerintahan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, setelah pendahulunya Jair Bolsonaro melemahkan badan lingkungan dan kekuasaan pengawasan.

“Tindakan ini sangat simbolis karena melambangkan kembalinya Ibama ke perlindungan lingkungan laut dan terutama perlindungan perdagangan ikan ilegal di negara ini,” tambah Schmitt.

Baca Juga: Brasil-Venezuela Buka Lembaran Baru Hubungan Diplomatik

2. Sejumlah perusahaan telah dipantau

Brasil Sita 28,7 Metrik Ton Sirip Hiu, Terbesar dalam Sejarah Brasil!Hiu mako sirip pendek berenang di dalam akuarium di Jepang. (commons.wikimedia.org/出羽雀台)

Perusahaan pengekspor tunggal di negara bagian selatan Santa Catarina bertanggung jawab atas 27,6 metrik ton sirip, sedangkan sisanya disita di Bandara Internasional Sao Paulo dari perusahaan kedua, kata Ibama, tanpa menyebutkan nama perusahaan atau orang yang terlibat.

Sea Shepherd Brazil, organisasi konservasi laut nirlaba, meminta pemerintah Brasil untuk melarang perdagangan sirip hiu dan impor daging hiu ke Brasil, dengan mengatakan bahwa ini penting untuk melindungi spesies tersebut.

3. Penangkapan hiu di Brasil tindakan ilegal

Brasil Sita 28,7 Metrik Ton Sirip Hiu, Terbesar dalam Sejarah Brasil!ilustrasi Hiu Mako Sirip Panjang (pexels.com/Daniel Torobekov)

Penangkapan ikan hiu adalah ilegal di Brasil, tetapi Ibama mengatakan kapal-kapal itu menggunakan izin untuk menangkap spesies ikan lain.

Ia menambahkan, mereka menyebabkan kematian ribuan burung laut saat mereka memancing hiu, termasuk beberapa spesies yang terancam punah.

Baca Juga: AS Godok Undang-Undang yang Larang Perdagangan Sirip Hiu

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya