Kaisar Jepang dan PM Kishida Akan Melayat ke Pemakaman Ratu Elizabeth 

Hubungan kerajaan Inggris dan Jepang sudah berlangsung lama

Jakarta, IDN Times - Kaisar Jepang Naruhito berencana untuk menghadiri pemakaman Ratu Inggris Elizabeth II. Rencana yang sama juga diungkapkan oleh Perdana Menteri, Fumio Kishida.

Dilansir Reuters, lawatan ini akan menjadi perjalanan luar negeri pertama Naruhito sejak naik takhta pada Mei 2019. Permaisuri Masako juga telah menyatakan keinginannya untuk hadir. Pada Jumat (9/9/2022), media setempat melaporkan bahwa pemerintah sedang mengatur perjalanan mereka.

Kishida sedang mempertimbangkan untuk menghadiri pemakaman, yang menurut Inggris akan diadakan dalam waktu kurang dari seminggu. Kishida berniat mampir ke Inggris sebelum mengunjungi New York untuk menghadiri Sidang Umum PBB akhir bulan ini.

1. Hubungan kerajaan Inggris dengan kekaisaran Jepang sudah berlangsung lama

Kaisar Jepang dan PM Kishida Akan Melayat ke Pemakaman Ratu Elizabeth instagram.com/theroyalfamily

Bangsawan Inggris dan keluarga kekaisaran Jepang memiliki hubungan yang sudah lama terjalin. Kaisar sebenarnya telah diundang ke Inggris oleh ratu pada 2020, tetapi perjalanan itu ditunda karena pandemik COVID-19.

Ratu Elizabeth, yang mengunjungi Jepang pada 1975 untuk bertemu dengan Kaisar Hirohito saat itu, memiliki kontribusi besar untuk memperkuat hubungan Jepang dengan Inggris, kata Kishida pada Jumat.

Kaisar Naruhito, yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Oxford pada 1980-an, mengaku sangat sedih dengan kematian ratu. Permaisuri Masako juga pernah belajar di Oxford. Kaisar dan permaisuri mengumumkan masa berkabung tiga hari, sebagai ungkapan belasungkawa dan bentuk kesedihan yang mendalam.

Sebagai catatan, sangat jarang seorang kaisar Jepang menghadiri pemakaman kerajaan di luar negeri. Pada 1993, Kaisar Akihito, sekarang kaisar emeritus, menghadiri pemakaman kenegaraan Raja Baudouin dari Belgia dengan Permaisuri Michiko saat itu.

Baca Juga: Bagaimana Raja Charles III Melihat Dinamika Kawasan Timur Tengah? 

2. Presiden Joe Biden juga berencana mengunjungi Inggris

Kaisar Jepang dan PM Kishida Akan Melayat ke Pemakaman Ratu Elizabeth Presiden AS Joe Biden sedang berjalan ke Kantor Kepresidenan AS yakni Oval Office, Gedung Putih. (Facebook.com/President Joe Biden)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, pada Jumat (9/9/2022), juga mengatakan bahwa ia akan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth.

"Saya belum tahu detailnya, tapi saya akan pergi," kata Biden, dilansir The Straits Times.

Tanggal pemakaman belum dikonfirmasi, tetapi diperkirakan akan berlangsung di Westminster Abbey di London pada 19 September. Biden mengatakan dia belum berbicara dengan putra ratu, Raja Charles III.

"Saya kenal dia, saya beleum meneleponnya," katanya.

3. Presiden Jokowi juga sampaikan belasungkawa

Kaisar Jepang dan PM Kishida Akan Melayat ke Pemakaman Ratu Elizabeth (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Ungkapan belasungkawa juga disampaikan oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

"Saya sangat berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, seorang ratu yang sangat dikagumi dan dicintai," ujar Jokowi, Jumat (9/9/2022).

"Simpati terdalam dan bela sungkawa saya yang tulus kepada keluarga kerajaan, pemerintah, dan rakyat Inggris," kata Jokowi melalui akun Twitter-nya.

Baca Juga: Profil Raja Charles III, Penerus Elizabeth II Pimpin Kerajaan Inggris

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya