Mantap! Siswa Indonesia Raih 4 Medali dari Olimpiade Biologi di UEA

Olimpiade diikuti 300 siswa dari 89 negara

Jakarta, IDN Times - Kabar membanggakan datang dari Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI). Sebanyak empat siswa Indonesia berhasil meraih dua medali perak dan dua medali perunggu di ajang International Biology Olympiad (IBO) ke-34 yang berlangsung di Al Ain, Uni Emirat Arab (UEA).

Medali perak masing-masing diraih oleh Calvin Shevchenko dari SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya) dan Nicholas Sidik (SMA Methodist 2 Medan).

Kemudian, medali perunggu diraih oleh Nakeisha Jovita Purnomo (SMAK PENABUR Gading Serpong) dan Mariel Chrysantha Tampubolon (SMAN 2 Kota Tangerang Selatan).

1. Ada tes praktikum dan teori

Mantap! Siswa Indonesia Raih 4 Medali dari Olimpiade Biologi di UEASiswa Indonesia raih medali di Olimpiade Biologi di UEA (Dok. IDN Times/Istimewa)

Para siswa menjalani tiga hari tes secara intensif, yang terdiri dari tes praktikum dan tes teori dengan komposisi penilaian 50:50.

Tes praktikum terdiri atas empat topik di antaranya molekuler biologi tumbuhan, bioinformatika, ekologi-etologi, dan biokimia. Masing-masing tes praktikum dilakukan untuk mengetahui kapasitas siswa dalam melakukan eksperimen berdasarkan soal yang telah didesain oleh panitia. Mereka harus menyelesaikannya dalam waktu 90 menit.

Sementara itu, untuk tes teori dilaksanakan dalam waktu dua hari dengan durasi tiga jam dan 3,5 jam. Peserta diuji untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan dalam berbagai aspek biologi, termasuk pemahaman konsep, pengetahuan praktis dan analitik, serta penerapan aplikasi biologi.

Baca Juga: Influencer TikTok Ini Ditahan karena Sindir Crazy Rich Dubai

2. IBO diikuti 300 siswa dari 89 negara

Mantap! Siswa Indonesia Raih 4 Medali dari Olimpiade Biologi di UEASiswa Indonesia raih medali di Olimpiade Biologi di UEA (Dok. IDN Times/Istimewa)

Selain mengirim siswa sebagai peserta, Kontingen Indonesia juga terdiri dari lima pendamping yang turut berperan sebagai juri internasional. Mereka adalah Prof. Dr. Agus Dana Permana, Dr. Ahmad Faizal, Dr. Dian Rosleine dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung (SITH-ITB), dan Titis Setiyobudi, M.Si. serta Fauzi Ramadhani Nasution, S.Si. dari TOBI.

IBO tahun ini diselenggarakan secara luring pada 3–11 Juli 2023 dan diikuti oleh 300 siswa dari 89 negara atau terbanyak sepanjang sejarah pelaksanaan IBO. 

3. Apresiasi dari Dubes RI di UEA

Mantap! Siswa Indonesia Raih 4 Medali dari Olimpiade Biologi di UEASiswa Indonesia raih medali di Olimpiade Biologi di UEA (Dok. IDN Times/Istimewa)

Untuk diketahui, IBO merupakan kompetisi bergengsi tahunan bagi siswa SMA yang berbakat dalam bidang biologi. Peserta IBO berasal dari berbagai negara di seluruh dunia, di mana setiap negara peserta berhak mengirimkan maksimal empat siswa terbaik yang telah melalui proses seleksi nasional.

Dubes Republik Indonesia untuk UEA mengaku sangat bangga dengan prestasi keempat siswa Indonesia.

‘’Alhamdulillah. Bangga sekali dengan partisipasi dan medali yang mereka raih. Saya turut mendoakan supaya tahun depan Indonesia bisa mendapatkan medali emas,’’ kata Husin, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Apartemen di Dubai Kebakaran, 16 Orang Tewas dan 9 Terluka

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya