PBB Akan Galang Dana hingga Rp48,2 Triliun untuk Bantu Ukraina

NATO pastikan kirim bantuan untuk Ukraina

Jakarta, IDN Times - Badan-badan PBB minggu depan akan meminta 3,1 miliar dolar AS (Rp48,2 triliun) untuk membiayai bantuan ke Ukraina tahun ini.

“Ketika perang di Ukraina terus berlanjut, sehingga mendorong tingginya kebutuhan kemanusiaan, dukungan finansial harus dipertahankan. Pada 2024, kami mendesak semua donor untuk sekali lagi mengambil tindakan dan membantu rakyat Ukraina,” kata pejabat senior kemanusiaan kepada Dewan Keamanan PBB, Rabu (10/1/2024).

1. Jutaan warga Ukraina jadi korban perang

PBB Akan Galang Dana hingga Rp48,2 Triliun untuk Bantu Ukrainailustrasi kota di Ukraina setelah diserang Rusia (Pexels.com/Алесь Усцінаў)

Dilansir The Straits Times, dia menambahkan bahwa rencana respons PBB pada 2024, yang akan diluncurkan oleh OCHA di Jenewa bersama dengan badan pengungsi PBB, bertujuan mengumpulkan Rp48,2 triliun untuk membantu 8,5 juta orang di Ukraina.

OCHA mengatakan, lebih dari 14,6 juta orang atau 40 persen populasi Ukraina akan membutuhkan bantuan kemanusiaan tahun ini karena invasi besar-besaran Rusia. Konflik juga memaksa sekitar 6,3 juta orang mengungsi ke luar negeri.

Empat juta orang, termasuk hampir 1 juta anak-anak, masih menjadi pengungsi di dalam negeri, menurut OCHA.

Baca Juga: Jepang Janjikan Bantuan Rp574 Milyar untuk Ukraina Melalui NATO

2. Akses bantuan ke Ukraina masih terhambat

PBB Akan Galang Dana hingga Rp48,2 Triliun untuk Bantu UkrainaIlustrasi bendera negara Ukraina (unsplash.com/Yehor Milohrodskyi)

Wosornu menyesalkan akses OCHA ke wilayah yang diduduki Rusia masih sangat terhambat.

“Hal ini sangat memprihatinkan bagi ratusan ribu orang yang tinggal di wilayah pendudukan dekat garis depan, di mana kebutuhan paling mendesak,” katanya, dikutip dari Reuters.

3. NATO janjikan bantuan untuk Ukraina

PBB Akan Galang Dana hingga Rp48,2 Triliun untuk Bantu UkrainaSekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg saat mengadakan kunjungan ke Kantor Pusat NATO di Bosnia-Herzegovina, Senin (20/11/2023). (twitter.com/jensstoltenberg)

Sementara itu, NATO dalam pertemuan dengan Ukraina telah menegaskan bakal memberikan bantuan militer, ekonomi, dan kemanusiaan dalam jumlah besar kepada Kiev untuk menghadapi invasi Rusia yang sudah berlangsung hampir dua tahun.

NATO menambahkan, negara anggota telah menguraikan rencana untuk memberikan miliaran euro pada 2024 ke Ukraina.

“NATO mengutuk keras serangan rudal dan drone Rusia terhadap warga sipil Ukraina, termasuk senjata dari Korea Utara dan Iran. Ketika Moskow mengintensifkan serangannya terhadap kota-kota dan warga sipil Ukraina, sekutu NATO meningkatkan pertahanan udara Ukraina,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Rusia telah meningkatkan serangan selama periode tahun baru dan menggempur dua kota terbesar di Ukraina, Kyiv dan Kharkiv, pada awal Januari dalam gelombang baru serangan udara besar-besaran.

Baca Juga: Rusia Evakuasi Besar-besaran dari Kota Belgorod, Ada Apa?

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Belajar menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya