Ribuan PMI Akan Ramaikan Hari Kartini di Taiwan

Sekaligus halal bi halal Idul Fitri

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka memperingati perjuangan pahlawan Indonesia Raden Ajeng Kartini dan jadi ajang kumpul masyarakat Indonesia di Taiwan, Radio Taiwan Internasional (RTI) menggelar kegiatan Kartini Taiwan Music Festival.

Acara yang digelar pada Minggu (21/4/2024) ini diselenggarakan di Taipei City Mall Plaza 12, mulai pukul 13:00-17:00 waktu setempat.

Berkolaborasi dengan Foreign Workers Social and Care Association (FSC), acara yang digelar masih dalam hangat suasana lebaran ini merupakan penghormatan kepada para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan khususnya kaum perempuan.

Senior Koordinator RTI Tony Thamsir mengatakan, banyak perempuan Indonesia yang jauh merantau bekerja di Taiwan untuk memperbaiki masa depan dan perekonomian keluarga.

Merujuk statistik Kementerian Ketenagakerjaan Taiwan, pada Februari 2024 jumlah PMI di Taiwan tercatat sebanyak 277.729 orang, dan lebih dari 70 persen di antaranya adalah perempuan. Sehingga, tidak berlebihan kalau acara kali ini juga ditujukan sebagai apresiasi bagi para perempuan.

1. Mengusung konsep festival musik

Ribuan PMI Akan Ramaikan Hari Kartini di TaiwanTaipe, Taiwan (unsplash.com/magict1911)

Kegiatan akbar ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan oleh RTI berkolaborasi dengan FSC. Namun khusus kali ini, kegiatan digelar dengan konsep festival musik yang mengundang langsung penyanyi asal Indonesia Kiki Asiska.

Selain itu, banyak juga talenta muda Indonesia di Taiwan yang akan tampil seperti salah satu anggota Girl Band Taiwan “HUR+ Crimzon”, Grace Jonwilin, yang kini tengah melejit namanya; band Indonesia yang berbasis di Taiwan, Five Notes; UTERS Dancer, penari tarian tradisional Indonesia dari para mahasiswa Universitas Terbuka Indonesia di Taiwan (UT-Taiwan); Mila Boutique, modeling club yang beranggotakan para PMI di Taiwan di bawah asuhan PMI teladan Mila Widya Sari, dan masih banyak lagi.

Acara ini juga diharapkan dapat melanjutkan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Taiwan, meningkatkan pertukaran kebudayaan dan turut memperkuat tali silaturahmi yang telah terjalin selama ini antara Taiwan dan Indonesia.

Baca Juga: Menlu China-AS Bertemu: Bahas Laut China Selatan dan Taiwan

2. Untuk acara yang lebih besar tahun depan

Ribuan PMI Akan Ramaikan Hari Kartini di TaiwanTaiwan Lantern Festival in Tainan. (dok. Taiwan Tourism Administration)

Keberhasilan acara ini juga diharapkan dapat menjadi batu pijakan di tahun depan agar bisa menggelar kegiatan serupa dengan cakupan yang lebih besar. Seperti kegiatan festival musik empat negara Asia Tenggara secara bersamaan (terdiri dari Indonesia, Vietnam, Filipina dan Thailand), yang kini mencatat jumlah total sebanyak 756.831 orang di Taiwan.

Selain penampilan musik, sejumlah tokoh dijadwalkan hadir dalam kegiatan ini. Di antaranya, chairperson RTI Cheryl Lai; Sekjen Asosiasi Layanan Peduli Orang Asing FSC, Lily Widjaja; dan istri wakil Ketua KDEI Taipei, Dwi Sugi Wahyuni. Selain itu hadir pula Presiden RTI, Chang Jui-chang; Ketua FSC, Lin Jir Chou; dan Legislator, Mei Ling Lo.

3. Para pengunjung bisa membawa pulang berbagai hadiah

Ribuan PMI Akan Ramaikan Hari Kartini di TaiwanPerayaan Hari Kartini di Taiwan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Acara ini juga disponsori oleh sejumlah perwakilan Indonesia di Taiwan seperti Kantor Dagang Ekonomi Indonesia di Taiwan; Pimpinan Cabang Internasional Nahdlatul Ulama di Taiwan; dan kelompok diaspora Indonesia, IDN Taiwan.

Selain itu sejumlah perusahaan juga ikut berpartisipasi seperti Superindo, Goldstar, CLC, Mahkota Taiwan, GoBox, Inbatic, Tuku Online, dan Kampoengku juga turut serta. Ada juga Family Mart, 全盈+Pay, Mila Boutique, UVU, hingga Wang Duo Duo.

Selain menggelar pesta rakyat dan temu kangen warga Indonesia di Taiwan, para pengunjung juga bisa pulang dengan membawa hadiah.

Baca Juga: Cara Warga Indonesia di Taiwan Semarakkan Idul Fitri

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Belajar menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya