Rusia Akui 63 Tentaranya Tewas Dihantam Rudal Ukraina 

Rudal hasil pemberian Amerika Serikat

Jakarta, IDN Times - Rusia melaporkan bahwa 63 tentaranya tewas dalam serangan Malam Tahun Baru 2023 oleh Ukraina di barak darurat di wilayah Donetsk yang sebagian diduduki.

Pada Senin (2/1/2023), Rusia menyatakan bahwa militer Ukraina meluncurkan enam proyektil di pangkalan sementara di kota timur Makiivka menggunakan sistem roket berpemandu HIMARS, yang dipasok oleh Amerika Serikat (AS).

Dua dari rudal ditembak jatuh oleh pertahanan udara Rusia, tetapi empat lainnya menghantam gedung.

Kabar kematian 63 tentara sekaligus bantahan laporan Departemen Komunikasi Strategis angkatan bersenjata Ukraina, yang mengklaim bahwa serangan pada Minggu (1/1/2023) menewaskan 400 tentara Rusia dan 300 lainnya luka-luka.

1. Bisa jadi salah satu serangan paling mematikan Ukraina

Rusia Akui 63 Tentaranya Tewas Dihantam Rudal Ukraina Ilustrasi perang/konflik. (IDN Times/Aditya Pratama)

Rekaman yang diunggah online memperlihatkan bangunan yang diklaim sebagai sekolah kejuruan di Makiivka, yang dikuasai Rusia, berubah menjadi puing-puing yang membara.

Al Jazeera tidak dapat memverifikasi secara independen rekaman atau nomor yang diberikan oleh kedua pihak. Jika penghitungan Ukraina dikonfirmasi, jumlah korban akan menjadi salah satu serangan paling mematikan terhadap pasukan Rusia sejak Moskow melancarkan invasi Februari 2022.

Daniil Bezsonov, seorang pejabat senior yang didukung Rusia di wilayah tersebut, mengatakan bahwa sekolah kejuruan tersebut telah dihantam oleh roket HIMARS.

“Ada yang tewas dan terluka. Jumlah pastinya masih belum diketahui. Bangunan itu sendiri rusak parah,” kata Bezsonov pada Minggu malam, dalam unggahannya melalui aplikasi Telegram.

Baca Juga: Ukraina Sebut Rusia Akan Adakan Mobilisasi Militer Baru

2. Rusia mendapat kecaman karena invasinya dianggap gagal

Rusia Akui 63 Tentaranya Tewas Dihantam Rudal Ukraina Anggota tentara Rusia menembakkan peluncur granat berpeluncur roket (RPG) saat latihan militer di Kuzminsky di selatan Rostov, Rusia, Jumat (21/1/2022). Foto diambil tanggal 21 Januari 2022. ANTARA FOTO/REUTERS/Sergey Pivovarov/WSJ.

Sementera itu, Igor Girkin selaku mantan petugas Layanan Keamanan Federal yang membantu Rusia mencaplok semenanjung Laut Hitam Krimea pada 2014 memperkirakan, jumlah korban tewas menapai ratusan jiwa

Girkin, yang mengecam keras kegagalan militer Rusia di Ukraina, mengatakan amunisi telah disimpan di gedung yang sama tempat para rekrutan itu ditampung.

“Ini bukan satu-satunya pengerahan personel dan peralatan (sangat padat) di zona penghancuran rudal HIMARS,” katanya di Telegram.

3. Ukraina optimis dengan kemampuan pertahanannya

Rusia Akui 63 Tentaranya Tewas Dihantam Rudal Ukraina Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. twitter.com/ZelenskyyUa

Serangan Ukraina merupakan salah satu aksi balasan, atas hujan rudal yang Rusia lancarkan di malam Tahun Baru 2023. Selain itu, Rusia juga sudah mulai menggerebek tempat tinggal warga sipil.

Staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, serangan  Rusia menandakan bahwa Moskow mulai putus asa. Salah satu penyebabnya adalah kemampuan Ukraina untuk mempertahankan wilayah udaranya telah meningkat dengan dukungan militer dari sekutu Barat.

“Sekarang mereka sedang mencari rute dan mencoba menyerang kita, tetapi taktik teror mereka tidak akan berhasil. Langit kita akan berubah menjadi perisai,” kata Kepala Staf Presiden, Andriy Yermak.

Pada Minggu, Zelenskyy juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada pasukannya, karena telah membuat serangan Rusia sia-sia.

Drone, rudal, yang lainnya tidak akan membantu mereka karena kita bersatu. Mereka dipersatukan hanya oleh rasa takut,” kata Zelenskyy

Baca Juga: Rusia Bebaskan Pajak Penghasilan untuk Pasukannya di Ukraina

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya