Bak Hotel Bintang Lima, Ini 7 Kamar Penjara Mewah di Dunia

Selama ini, penjara identik dengan kesan suram

Ruang gerak yang terbatas, gelap, sempit, kumuh, dan suram. Pasti kata-kata itu yang terbayang oleh kita saat mendengar kata ‘penjara’. Tapi tahu gak, ternyata di berbagai negara di dunia ini ada beberapa penjara atau rumah tahanan yang memberikan fasilitas-fasilitas yang jarang ditemui di dalam penjara, seperti kamar-kamar yang nyaman, kamar mandi pribadi, dan lain-lain.

Penasaran, kan? Coba deh lihat beberapa gambar kamar-kamar tahanan di bawah ini. Bisa jadi kamar tahanan ini lebih nyaman dari kamar kos kamu.

1. JVA Fuhlsbuettel, Jerman

Bak Hotel Bintang Lima, Ini 7 Kamar Penjara Mewah di Duniaarrestrecords.com

Penjara ini dikhususkan untuk narapidana yang mendapat hukuman masa tahanan cukup lama, sehingga kamar-kamar tahanannya dibuat sangat nyaman dengan kamar mandi pribadi di dalamnya. Pencahayaan di penjara ini pun sangat baik, tidak seperti penjara-penjara pada umumnya.

2. Her Majesty’s Prison (HMP) Addiewell, Skotlandia

Bak Hotel Bintang Lima, Ini 7 Kamar Penjara Mewah di Duniadeadlinenews.com/LorenzoDalberto

Sebanyak 700 tahanan yang ditampung di sini mendapatkan fasilitas ‘super layak’ dari pengelola. Memiliki tujuan untuk mendidik para tahanan, Her Majesty’s Prison menyediakan aktvitas-aktivitas pembangunan skill dan karakter yang dapat dilakukan oleh tahanan di sini selama 40 jam per minggu agar dapat memulai hidup baru saat kembali ke lingkungkan masyarakat.

3. Otago Corrections Facility, Selandia Baru

Bak Hotel Bintang Lima, Ini 7 Kamar Penjara Mewah di Duniascoopwhoop.com/OtagoDailyTimes

Meskipun sistem keamanannya terbilang sangat ketat, tahanan di sini diberikan fasilitas yang cukup mewah dibandingkan dengan penjara pada umumnya. Penjara ini dilengkapi dengan kamar-kamar yang dilengkapi televisi, lapangan rugby, dan kelas-kelas pembangunan skill seperti kelas teknik mesin, memasak, dan bertani sebagai bagian dari kegiatan rehabilitasi.

4. Halden, Norwegia

Bak Hotel Bintang Lima, Ini 7 Kamar Penjara Mewah di Duniaupliftconnect.com

Jauh dari kesan suram, penjara ini justru menyediakan fasilitas seperti hotel berbintang. Karena itulah penjara Halden memperoleh predikat ‘penjara paling manusiawi di dunia’. Di tempat ini tidak akan ada yang merasa sedang dalam masa tahanan.

Dikelilingi dengan banyak tumbuhan hijau, penjara ini juga menyediakan kelas-kelas pembangunan skill, serta berbagai macam fasilitas seperti ruang tv, ruang bermain video game, gym yang lengkap, tempat ibadah, bahkan hingga studio rekaman musik. Semua fasilitas ini membuat siapa saja yang dibawa ke penjara ini merasa nyaman dan betah.

5. Leoben Justice Centre, Austria

Bak Hotel Bintang Lima, Ini 7 Kamar Penjara Mewah di Duniastarpulse.com

Dari design rumah tahanan ini, kamu pasti tidak akan menyangka kalau bangunan tersebut merupakan tempat untuk menampung para pelaku kejahatan non-kekerasan. Setiap orang mendapat satu kamar pribadi yang sudah dilengkapi dengan kamar mandi, dapur, dan televisi. Selain itu, rumah tahanan ini juga menyediakan fasilitas gym yang lengkap, lapangan basket, dan taman yang luas.

Baca Juga: Saung di Lapas Sukamiskin Dibangun dari Dana Napi Koruptor

6. Sollentuna, Swedia

Bak Hotel Bintang Lima, Ini 7 Kamar Penjara Mewah di Duniascoopwhoop.com/SevenString

Tahanan-tahanan di penjara ini mendapat satu kamar yang sudah dilengkapi dengan meja kerja dan kamar mandi untuk setiap orangnya. Dapur umumnya bisa digunakan oleh siapa saja, begitu juga dengan ruang gym. Ada juga ruang berkumpul yang dilengkapi dengan televisi dan sofa-sofa yang nyaman.

7. Champ-Dollon, Swiss

Bak Hotel Bintang Lima, Ini 7 Kamar Penjara Mewah di Duniatakepart.com

Penjara gak harus gelap dan sempit. Itulah prinsip yang dipegang oleh penjara ini. Di sini tahanan-tahanan diperlakukan sebagai seseorang yang perlu di rehabilitasi dan perbaikan perilaku.

Ukuran kamar yang luas dan dilengkapi kamar mandi di penjara ini akan membuat setiap tahanan merasa nyaman. Fasilitas dapur umumnya pun sangat bersih seperti restoran.

Wow! Mewah dan super nyaman ya penjara-penjara di atas.

Baca Juga: Ini Fakta Baru soal Sel Palsu di Lapas Sukamiskin

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya