Inovatif dan Keren! Belanda Siap Bangun Rumah Cetak 3 Dimensi

Bangun rumah tidak perlu lagi lama dan ribet

Belanda, IDN Times - Teknologi 3D printing belakangan ini makin booming dan menarik perhatian banyak orang. Maklum saja, teknologi ini memungkinkan kita membuat dan membangun apapun dalam waktu yang singkat.

Beberapa kebutuhan manusia telah dibantu dengan teknologi 3D printing tersebut, misalnya makanan. Kali ini, Belanda ingin mewujudkan ide lain, yaitu membangun rumah.

Dengan teknologi 3D printing, pembuatan rumah tidak bakal ribet dan selesai dalam waktu sangat cepat karena menggunakan mesin pencetak tiga dimensi.

Rumah ini bahkan dipersiapkan untuk dapat ditempati mulai pertengahan tahun depan, lho! Penasaran? Berikut fakta-fakta singkatnya…

Baca Juga: PancakeBot: Printer 3D Untuk Cetak Pancake Sesuai Keinginan, Mau?

1. Lebih hemat dan efisien

Inovatif dan Keren! Belanda Siap Bangun Rumah Cetak 3 Dimensi3dprintedhouse.nl

Rumah ini akan dibangun menggunakan campuran beton dan semen dengan formula khusus. Adonan ini akan digunakan sebagai cairan yang akan menjadi bahan bangunan untuk dimasukan ke dalam alat cetak tiga dimensi.

Mesin cetak raksasa ini juga pastinya akan mengurangi jumlah tenaga kerja sekaligus mengurangi risiko kecelakaan kerja. Dan, tentu saja pembuatan rumah jauh lebih cepat.

2. Akan hadir di pertengahan tahun 2019

Inovatif dan Keren! Belanda Siap Bangun Rumah Cetak 3 Dimensivanwijnen.nl

Lima rumah pertama akan dipersiapkan pada pertengahan tahun 2019 di Eindhoven, Belanda. Rumah ini akan dibangun dahulu di tempat pencetakan, barulah setelah itu dibawa ke lokasi penempatan rumah yang sudah ditentukan.

Namun, rumah ini tidak untuk diperjualbelikan, melainkan hanya untuk disewakan saja. Sudah ada 20 keluarga yang mengantri untuk siap menempati rumah masa depan tersebut.

Baca Juga: Sulit Dibedakan dengan yang Asli, Gambar 3D Ini Mengundang Decak Kagum

3. Revolusi industri properti

Inovatif dan Keren! Belanda Siap Bangun Rumah Cetak 3 Dimensivanwijnen.nl

"Tidak ada keterbatasan bentuk untuk desain rumah-rumah ini.” ujar Rudy van Gurp, manager perusahaan konstruksi yang menjalankan proyek ini, Van Wijnen, dikutip dari Digital Trends.

Rumah-rumah yang dicetak dengan mesin cetak tiga dimensi ini juga ramah lingkungan karena jumlah semen yang digunakan menjadi sangat berkurang, sehingga pelepasan CO2 yang kurang baik bagi lingkungan juga akan berkurang.

Bagaimana, kamu tertarik tidak punya rumah hasil cetakan teknologi 3D ini?

Baca Juga: 6 Film Animasi 3D Stop-Motion Ini Akan Membuatmu Bergidik Ngeri

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya