Negeri Paling Bahagia di Dunia, Begini 7 Potret Finlandia

2018, PBB menobatkan orang Finlandia paling bahagia di dunia

Jakarta, IDN Times - Setelah berhasil menggeser posisi Norwegia, Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia tahun 2018 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Bagaimana rasanya hidup di negara ini ya?

Indeks kebahagiaan ini termasuk menghitung faktor pendapatan per kapita, harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan, kepercayaan, dan kemurahan hati. Beberapa dari kita mungkin sudah sering mendengar, membaca, atau bahkan melihat langsung bagaimana rasanya hidup di negara tersebut.

Nah, buat yang masih penasaran bagaimana potret kehidupan di Finlandia, yuk langsung saja cek informasi lebih lanjutnya di bawah ini.

1. Bangunan yang menjadi kiblat arsitek dunia

Negeri Paling Bahagia di Dunia, Begini 7 Potret Finlandiafinnisharchtecture.fi-/JussiTiainen

Desain bangunan baik itu eksterior maupun interior di Finladia seringkali dijadikan 'kiblat' bagi negara-negara lain. Banyak arsitek-arsitek ternama yang lahir dari negara ini seperti Gustaf Nyström, Sigurd Frosterus, Raili Pietilä, dan Anssi Lassila.

2. Aurora

Negeri Paling Bahagia di Dunia, Begini 7 Potret FinlandiaUnsplash.com/NiiloIsotalo

Fenomena langit yang cantik ini dengan mudah terlihat di Finlandia, terutama di daerah Lapland. Kamu tertarik melihatnya dengan kepala sendiri?

3. Orang Finlandia suka bersosialisasi

Negeri Paling Bahagia di Dunia, Begini 7 Potret Finlandiatheculturetrip.com/SodankylänElokuvajuhlat

Masyarakat Finlandia senang bersosialisasi satu sama lain, maka dari itu kita akan menemukan banyak festival-festival yang diadakan setiap musimnya. Beberapa diantaranya ada Midnight Sun Film Festival setiap bulan Juni, Helsinki Festival setiap bulan Agustus, Tar Skiing Race setiap bulan Maret, dan masih banyak lagi. Festival-festival ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi Finlandia.

4. Finnish Your Dinner

Negeri Paling Bahagia di Dunia, Begini 7 Potret Finlandiafinland.fi/JaakkoBlomberg

Salah satu kegiatan nasional Finlandia yang cukup dikenal adalah Finnish Your Dinner. Kegiatan tahunan ini memungkinkan masyarakat Finlandia, bahkan turis, untuk melakukan makan bersama di sepanjang jalan di daerah Helsinki.

Masyarakat juga bisa melakukannya di lingkungan tempat tinggalnya bersama dengan para tetangga, tetapi tetap harus dilakukan di luar ruangan dan sebisa mungkin di tengah jalan.

5. Sistem pendidikan terbaik

Negeri Paling Bahagia di Dunia, Begini 7 Potret Finlandiafinland.fi/AndreasMeichsner

Sistem pendidikan di Finlandia sudah tidak perlu diragukan lagi. Biaya sekolah yang 100 persen ditanggung pemerintah, tidak ada PR, dan ujian yang hanya dilakukan sekali dalam masa pendidikan formal, tetap mengantarkan Finlandia ke posisi negara dengan sistem pendidikan terbaik. Standar gaji guru di sana pun setara dengan dokter dan pengacara.

Baca Juga: Ini Lho 5 Hal Penting yang Diajarkan Guru Finlandia Kepada Siswanya

6. Sauna untuk bersantai itu...

Negeri Paling Bahagia di Dunia, Begini 7 Potret Finlandiaunsplash.com/AnttiPajari

Hampir setiap rumah di Finlandia memiliki sauna untuk bersantai. Masyarakat Finlandia senang membuat ruang sauna yang luas karena biasanya ruangan inilah yang dijadikan ruang berkumpul baik itu saat musim panas maupun musim dingin. Mereka sangat suka berdiam di ruang sauna.

Baca Juga: Cantik! Ini 10 Pemandangan yang Hanya Bisa Kamu Jumpai di Finlandia

7. Negeri yang bersih

Negeri Paling Bahagia di Dunia, Begini 7 Potret FinlandiaPixabay

7. Finlandia juga merupakan salah satu negara paling bersih. Ibukota Finlandia, Helsinki, juga dinobatkan sebagai salah satu kota dengan kualitas udara terbersih di dunia.

Jadi semakin ingin berkunjung ke Finlandia, ya...

Baca Juga: Yuk, Gali Sejarah dan Pesona Finlandia Lewat 7 Tempat Ini!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya