Comscore Tracker

Nih 10 Kota Paling Layak Tinggal di Dunia

Jadi penasaran bagaimana rasanya tinggal di kota-kota ini

Jakarta, IDN Times - Kota merupakan pusat pemukiman dan aktivitas masyarakat dalam suatu negara yang dibatasi oleh garis geografis tertentu, yang kemudian menciptakan ciri khas penduduk masing-masing beserta dengan keanekaragaman budaya mulai dari segi bahasa hingga kesenian.

The Economist Intelligence Unit baru-baru ini mengeluarkan daftar yang menunjukan beberapa negara paling layak tinggal di dunia dalam The Global Liveability Index. Terdapat lima kategori penilaian yang diantaranya adalah keamanan, kesehatan, lingkungan dan budaya, pendidikan, dan infrastruktur. 

Penasaran kota apa saja yang termasuk dalam kota paling layak tinggal? Simak selengkapnya di bawah ini.

Urutan ke-10: Adelaide, Australia

Nih 10 Kota Paling Layak Tinggal di Duniagrayline.com.au

Adelaide adalah ibu kota Australia Selatan dengan populasi 1,67 juta jiwa yang terkenal dengan kemewahan, wisata kuliner, dan tempat-tempat bersejarah. Memperoleh skor index sebesar 96.6, Adelaide menduduki posisi ke-10 sebagai kota paling layak huni di dunia. Adelaide memiliki julukan "The 20 minutes city" karena setiap tempat-tempat di sana dapat ditempuh paling lama dalam 20 menit saja.

Urutan ke-9: Copenhagen, Denmark

Nih 10 Kota Paling Layak Tinggal di Duniapixabay.com/ExplorerBob

Ibu Kota Denmark ini memperoleh skor index sebesar 96,8. Dikenal dengan wisata malam dan tempat-tempat belanja yang ramai, kota ini memadukan arsitektur modern dan monumen bersejarah yang menjadi daya tarik. Masyarakat Copenhagen sangat suka menggunakan sepeda sebagai kendaraan sehari-harinya, sehingga air dan udara di sana sangat bersih.

Urutan ke-7 (1): Tokyo, Jepang

Nih 10 Kota Paling Layak Tinggal di Duniapixabay.com

Bersama Toronto di Kanada, kota Tokyo memperoleh skor index sebesar 97,2 dan menempati posisi ke-7 sebagai kota paling layak untuk ditinggali. Ibu kota Jepang ini merupakan kota metropolitan terbesar di dunia.  Di sini kita bisa berbelanja dengan bebas pajak dengan menunjukan passport. Hal ini mengantarkan Tokyo menjadi kota terbaik untuk berbelanja bagi para turis.

Urutan ke-7 (2): Toronto, Kanada

Nih 10 Kota Paling Layak Tinggal di Duniapixabay.com/ElasticComputeFarm

Ibu kota Ontario ini juga memperoleh skor index tinggi, yaitu 97,2. Kota yang memiliki 140 bahasa karena keberagamannya ini merupakan tempat yang aman untuk siapa saja. Ada 200 kelompok etnis yang menetap di sini, sehingga saat berkunjung ke sana kita pasti akan merasakan pengalaman multikultural yang luar biasa.

Urutan ke-6: Vancouver, Kanada

Nih 10 Kota Paling Layak Tinggal di Duniapixabay.com/Chris1007

Memiliki julukan “Hollywood of the North” karena tingginya produksi acara televisi dan perfilman, Vancouver memperoleh skor index sebesar 97,3. Kota ini juga merupakan kota terhangat di Kanada karena hanya akan mengalami musim dingin selama 11 hari dalam setahun. Meskipun termasuk kota besar, Vancouver dikelilingi oleh banyak pepohonan dan tanaman-tanaman hijau lainnya.

Urutan ke-5: Sydney, Australia

Nih 10 Kota Paling Layak Tinggal di Duniapixabay.com/skeeze

Meskipun termasuk dalam kota dengan biaya hidup termahal dan kota tersibuk, Sydney tetap masuk ke posisi 5 besar sebagai kota paling layak tinggal di dunia dengan skor index sebesar 97,4. Hal ini disebabkan oleh keberagaman etnis dan budaya yang dimiliki Sydney, sama seperti kota-kota di Kanada, dan kecintaan masyarakat Sydney terhadap seni.

Urutan ke-4: Calgary, Kanada

Nih 10 Kota Paling Layak Tinggal di Duniapixabay.com

Kota modern yang memiliki banyak gedung pencakar langit ini memiliki julukan "Cowtown" karena masih memberi kesan kehidupan a la rodeo. Calgary yang termasuk salah satu kota terbersih di dunia ini memperoleh skor index 97,5. Tidak seperti kota-kota besar pada umumnya, Calgary tetap memiliki kualitas udara dan air yang baik, serta budaya masyarakatnya yang beragam juga merupakan daya tarik dari kota ini.

Urutan ke-3: Osaka, Jepang

Nih 10 Kota Paling Layak Tinggal di Duniapixabay.com/MasashiWakui

Merupakan pusat ekonomi yang maju dengan pesat, Osaka menduduki posisi ke-tiga sebagai kota paling layak tinggal di dunia dengan skor indeks sebesar 97,7. Kota ini terkenal dengan keramatamahannya dan menjadi 'surga' bagi para pecinta kuliner Asia.

Urutan ke-2: Melbourne, Australia

Nih 10 Kota Paling Layak Tinggal di Duniapixabay.com/moerschy

Dengan skor index 98.4, Melbourne yang sempat menduduki posisi pertama sebagai kota paling layak huni di dunia kini berada di posisi kedua. Melbourne juga dikenal sebagai kota penghasil kota terbaik. Di kota ini, jumlah kafe dan tempat makan melebihi jumlah orang di sana karena masyarakat Melbourne sangat suka duduk berbincang sambil makan. 

Jangan kaget jika dalam sehari iklim dan suhu di sana dapat berubah-ubah secara drastis karena Melbourne memang dikenal dengan kota "Four seasons a day".

Baca Juga: 10 Gaya Liburan Mewah Richard Muljadi, Cucu Konglomerat Tanah Air

Urutan pertama: Wina, Austria

Nih 10 Kota Paling Layak Tinggal di Duniapixabay.com/jarmoluk

Berhasil menggeser Melbourne, skor index yang diperoleh kota Wina adalah 99,1. Skor tersebut diperoleh dari nilai 100 pada bidang kesehatan, pendidikan, infrasutruktur, dan pendidikan. Sedangkan untuk kategori lingkungan dan budaya Wina memperoleh skor 96,3. Kota yang sangat mencintai pesta dansa dan masyarakat yang sangat menyukai kopi ini berada di urutan puncak kota paling layak tinggal di dunia di tahun 2018.

Indah dan menarik juga ya 10 kota-kota di atas. Kira-kira, kapan salah satu kota di Indonesia bisa menyusul ya?

Baca Juga: Negeri Paling Bahagia di Dunia, Begini 7 Potret Finlandia

Topic:

  • Angelia Nibennia Zega
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You