PM Sunak Janji Bantu Ukraina, Zelenskyy: Makin Yakin Menang Perang!

Inggris janjikan program bantuan pertahanan udara

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri (PM) Inggris, Rishi Sunak, melakukan kunjungan pertamanya ke Ukraina pada Sabtu (19/11/2022). Ia pun bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Presiden dan menyatakan dukungannya secara langsung.  

"Saya bangga dengan bagaimana Inggris berdiri bersama Ukraina sejak awal. Dan saya di sini hari ini untuk mengatakan bahwa Inggris dan sekutu kita akan terus mendukung Ukraina," kata Sunak, dikutip dari BBC News.

Ia juga menambahkan, Inggris akan memberikan bantuan pertahanan udara terbaru ke Ukraina sebesar 60 juta dolar AS (sekitar Rp943 miliar), dengan harapan mampu menahan serangan drone Rusia. 

1. Janjikan program bantuan pertahanan udara terbaru 

PM Sunak Janji Bantu Ukraina, Zelenskyy: Makin Yakin Menang Perang!Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak (twitter.com/RishiSunak)

Bantuan yang dijanjikan Sunak terdiri dari 125 senjata anti-pesawat dan teknologi untuk melawan drone Rusia, termasuk puluhan radar dan kemampuan perang elektronik anti-drone.

Selain itu, Sunak juga menawarkan program bantuan khusus berupa tawaran pelatihan untuk angkatan bersenjata Ukraina, serta pengiriman ahli medis dan teknisi tentara.

"Sementara angkatan bersenjata Ukraina berhasil memukul mundur pasukan Rusia di darat, warga sipil dibombardir secara brutal dari udara. Kami hari ini menyediakan pertahanan udara baru, dan meningkatkan bantuan kemanusiaan untuk musim dingin kedepan," kata Sunak, dikutip dari BBC News

Baca Juga: Saat Kecaman ke Perang Rusia di Ukraina Muncul di Forum Ekonomi APEC

2. Ukraina minta sekutu untuk membantunya meningkatkan pertahanan udara

PM Sunak Janji Bantu Ukraina, Zelenskyy: Makin Yakin Menang Perang!ilustrasi bendera Ukraina (unsplash.com/Yehor Milohrodskyi)

Pejabat Ukraina telah berulang kali meminta sekutu untuk membantunya dalam meningkatkan kemampuan pertahanan udara.

Presiden Zelenskyy mengatakan bahwa serangan Rusia bukan hanya tentang kekejaman terhadap Ukraina, tetapi juga sebagai tindakan anti-Eropa yang dilakukan Rusia.  

"Teror Rusia ini bukan sekadar kekejaman musuh terhadap orang Ukraina. Ini adalah tampilan kebijakan anti-Eropa Rusia yang sinis, kebijakan anti-manusia," kata Zelenskyy, dikutip dari The Straits Times.

3. Zelenskyy menyambut baik dukungan Inggris yang terus dilanjutkan Sunak

Pada kesempatan itu, Sunak berjanji untuk melanjutkan dukungan yang kuat kepada Ukraina, seperti yang telah dilakukan pendahulunya, Liz Truss dan Boris Johnson, yang menjadikan dukungan untuk Ukraina sebagai agenda penting mereka. 

Zelenskyy menyambut baik hal tersebut dan mengatakan bahwa dengan dukungan Inggris, Ukraina yakin akan memperoleh kemenangan. 

"Dengan teman-teman seperti Anda di sisi kami, kami yakin akan kemenangan kami. Kedua negara kita tahu apa artinya membela kebebasan," tulis Zelenskyy dalam akun Twitter pribadinya. 

Baca Juga: Muncul Video 12 Tawanan Perang Dieksekusi Ukraina, Rusia Murka

Angga Kurnia Saputra Photo Verified Writer Angga Kurnia Saputra

Self-proclaimed foreign policy enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya