Jelang Tahun Baru, Korea Utara Luncurkan 3 Rudal Balistik

Korea Utara mengindiaksikan akan lebih intensif pada 2023

Jakarta, IDN Times - Militer Korea Selatan dan Pemerintah Jepang menyebut Korea Utara telah menembakkan tiga rudal balistik ke arah laut timur Semenanjung Korea pada Sabtu (31/12/2022). Ini merupakan peluncuran terbaru yang dilakukan oleh Pyongyang di penghujung 2022.

Tiga rudal balistik dikabarkan diluncurkan pada pukul 8 pagi waktu setempat di sekitar wilayah Hwanghae Utara. Peluncuran ini dianggap sebagai provokasi bagi negara-negara tetangga Korea Utara.

1. Rudal balistik diduga jatuh ke perairan lepas Semenanjung Korea

Jelang Tahun Baru, Korea Utara Luncurkan 3 Rudal Balistikbendera negara Korea Selatan(freepik.com/rawpixel.com)

Otoritas Jepang mengatakan, setidaknya ada dua rudal balistik yang diduga jatuh di perairan lepas pantai timur Semenanjung Korea. Ini merupakan hari ke-37 Korea Utara melakukan peluncuran rudal pada 2022, dilansir Japan Times.  

Pada 2020, Korea Utara melakukan empat uji coba rudal. Pada 2021, jumlahnya bertambah menjadi dua kali lipatnya.

Pada 2022, Pyongyang telah menembakkan lebih banyak rudal daripada tahun-tahun sebelumnya, yaitu dengan meluncurkan 23 rudal dalam satu hari.

Eskalasi penembakan rudal membuat keamanan di Semenanjung Korea menjadi rentan, di tengah ancaman ketegangan antara China dengan Taiwan.

Baca Juga: Terbaru! Kim Jong Un Ungkap Tujuan Militer Korut 

2. Korea Utara juga telah meluncurkan drone ke wilayah Korea Selatan

Jelang Tahun Baru, Korea Utara Luncurkan 3 Rudal Balistikbendera Korea Utara dan bendera Korea Selatan (pixabay.com/www_slon_pics)

Peluncuran rudal terjadi beberapa hari setelah Korea Utara menerbangkan drone ke wilayah udara Korea Selatan, untuk pertama kalinya sejak 2017. Hal ini mendorong Seoul mengerahkan jet tempur dan helikopter untuk menembak jatuh drone tersebut.

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, prihatin atas ketidakmampuan militer untuk menjatuhkan pesawat tak berawak. Padahal, negaranya sedang menghadapi ancaman yang lebih berat, yaitu nuklir dan rudal Korea Utara yang terus berkembang. 

“Insiden itu menunjukkan kurangnya kesiapan dan pelatihan militer kita selama beberapa tahun terakhir, dan jelas menegaskan perlunya kesiapan dan pelatihan yang lebih intens,” kata Yoon dalam rapat kabinet, dilansir Al Jazeera

Yoon mengatakan, negaranya akan membentuk unit militer yang bersiaga menghadapi drone. Kemungkinan besar anggara militer pada 2023 akan diperbesar. 

3. Korea Utara akan lebih intensif melakukan uji coba senjata

Jelang Tahun Baru, Korea Utara Luncurkan 3 Rudal BalistikPimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong Un (ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, telah meluncurkan tujuan baru untuk militer negaranya pada 2023. Dia mengisyaratkan uji coba senjata yang lebih intensif. 

Korea Utara telah menembakkan rudal dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Peluncuran tersebut mencakup senjata nuklir taktis, rudal balistik antarbenua, hulu ledak hipersonik, kapal selam bertenaga nuklir, dan satelit pengintai.

Pemulihan ekonomi juga menjadi agenda utama Kim Jong Un di 2023. Dia menggarisbawahi tantangan dalam menghadapi tekanan yang meningkat dari sanksi internasional, dampak dari lockdown COVID-19, dan bencana alam.

Baca Juga: Drone Korea Utara Ditembak karena Melintasi Perbatasan Korea Selatan

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya