PM Kanada Justin Trudeau Resmi Bercerai, Hak Asuh Anak Bersama

Mereka berpisah setelah 18 tahun bersama sebagai suami-istri

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan istrinya, Sophie Gregoire Trudeau, telah mengumumkan perpisahan mereka setelah 18 tahun menikah. Dalam pernyataan yang diunggah di Instagram pada Rabu (2/8/2023), Trudeau mengatakan mereka membuat keputusan setelah melakukan percakapan yang tak mudah. 

Sebuah pernyataan dari kantor perdana menteri mengatakan Justin dan Sophie telah menandatangani perjanjian perceraian secara resmi. Keduanya sendiri dikaruniai tiga anak, berusia 15, 14, dan sembilan tahun.

Baca Juga: Profil Justin Trudeau, PM Kanada yang Lahir dari Keluarga Politisi

1. Sophie Trudeau akan menghabiskan banyak waktu di Rideau Cottage demi anaknya

Seorang pejabat yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa pasangan itu akan memiliki hak asuh bersama atas anak-anak mereka, lapor Al Jazeera. Trudeau dan anak-anaknya akan terus tinggal di Rideau Cottage di Ottawa yang merupakan kediaman resmi perdana menteri. 

Sedangkan Sophie Trudeau akan pindah ke akomodasi terpisah di Ottawa. Walau begitu, Sophie berencana untuk menghabiskan banyak waktu dengan anak-anak di  untuk memastikan mereka mendapatkan pendidikan yang normal. 

“Seperti biasa, kami tetap menjadi keluarga dekat dengan cinta yang mendalam dan rasa hormat satu sama lain dan untuk semua yang telah kami bangun dan nantinya akan terus kami bangun,” kata mereka, dalam unggahan keduanya dalam akun Instagram mereka.

Baca Juga: Perjalanan Cinta PM Kanada Justin Trudeau, Cerai Usai 18 Tahun Nikah

2. Nasib Justin sama dengan ayahnya ketika menjadi perdana menteri

Justin dan Sophie menikah pada 2005 dan kerap saling mendukung satu sama lain di ranah publik. Dalam sebuah artikel majalah Vogue, pasangan itu menceritakan bagaimana mereka mengenal satu sama lain sebagai anak-anak ketika Sophie berada di sekolah dasar yang sama dengan Justin.

Kemudian mereka bertemu lagi di acara amal Montreal pada tahun 2003. Dilansir CBS News, beberapa bulan kemudian, keduanya pergi makan malam, dan pada akhirnya, mereka memberi tahu Vogue, Sophie berkata, "Saya berusia 31 tahun, dan saya telah menunggu kamu selama 31 tahun."

Trudeau akan menjadi perdana menteri pertama yang mengalami perceraian saat masih menjabat sejak ayah dan ibunya berpisah pada tahun 1977. Menurut National Post, istri Perdana Menteri Pierre Trudeau saat itu, Margaret, meninggalkan suaminya untuk pindah ke New York City. Dia mengajukan gugatan cerai enam tahun kemudian.

3. Rumah tangga Justin dan Sophie diduga sudah retak sejak lama

Sebelum Justin Trudeau menjadi perdana menteri, keduanya diyakini telah menghadapi tantangan pernikahan. Saat Justin menulis dalam otobiografi Common Ground pada 2014, dia mengungkapkan bahwa "pernikahan kami tidak sempurna, dan kami mengalami pasang surut yang sulit".

Pada ulang tahun pernikahan mereka tahun lalu, Sophie Trudeau mengatakan dalam sebuah unggahan media sosial, "kami telah melewati hari-hari cerah, badai besar, dan segala sesuatu di antaranya dan itu belum berakhir," kutip Al Jazeera.

Dia melanjutkanm "Hubungan jangka panjang menjadi menantang dalam banyak hal". Keduanya sepakat untuk tidak mengungkapkan alasan mengapa mereka berpisah setelah belasan tahun menikah. 

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya