Diserang Hiu, Perempuan di Selandia Baru Meninggal

Serangan hiu fatal ke-15 dalam 170 tahun terakhir

Auckland, IDN Times - Kepolisian Selandia Baru mengkonfirmasi kematian Kaelah Marlow, perempuan berusia 19 tahun asal Kota Hamilton. Marlow dilaporkan meninggal pada Kamis (07/01) setelah dikeluarkan dari perairan Pantai Waihi dengan keadaan kaki terluka. Setelah berhasil dibawa ke daratan, tim paramedis segera melakukan CPR selama 20 menit untuk menyelamatkan nyawanya, namun tidak membuahkan hasil.

"Indikasi awal menujukkan bahwa Marlow kemungkinan terluka akibat serangan hiu", jelas polisi Selandia Baru. Insiden ini sangat mengejutkan pengunjung maupun penduduk Pantai Waihi, mengingat bahwa pantai ini sangat populer ketika musim liburan. Masyarakat setempat dan turis kemudian menyalakan lilin dan menaruh bunga di pantai untuk mengenang Marlow.

1. Saksi sebut Marlow terpisah dengan teman-temannya

Diserang Hiu, Perempuan di Selandia Baru MeninggalIlustrasi hiu. Sumber: Pexels/Ben Phillips.

Salah seorang saksi, Amanda Gould menceritakan bahwa ia melihat Marlow dan teman-temannya berenang 5 meter didepannya dan terus berenang menjauh. Saat itu, Gould melihat Marlow terpisah dari teman temannya, tertarik ke dalam air dengan kekuatan yang cukup besar. "Tidak ada yang melihatnya melambai, tapi saya mendengar jeritan", jelas Gould kepada media lokal.

Setelah mendengar jeritan Marlow, penjaga pantai berteriak bahwa ada hiu dan meminta semua orang untuk keluar dari perairan. "Saya turut berduka terhadap korban dan keluarganya. Sangat mengejutkan bahwa satu menit ia sedang berenang, dan menit selanjutnya ia tertarik ke perairan dalam dan insiden itu terjadi. Ini sangatlah mengerikan", ucap Gould seperti yang dilansir The Sydney Morning Herald.

Kejadian ini menimbulkan trauma bagi orang-orang yanag berada di Pantai Waihi saat kejadian. Maka dari itu, kepolisian setempat menyediakan layanan dukungan bagi mereka yang membutuhkannya.

2. Hiu biasa ditemui di pantai utara Selandia Baru

Diserang Hiu, Perempuan di Selandia Baru MeninggalBatas aman berenang di pantai. Sumber: Pixabay/Media Design and Media Publishing.

Hingga saat ini, masih belum jelas jenis hiu yang menyerang Marlow, namun saksi mata melaporkan bahwa ia melihat hiu putih besar, spesies yang dilindungi di perairan Selandia Baru. Menurut Kina Scollay, seorang peneliti hiu, berbagai jenis hiu mudah ditemui di Pantai Utara Selandia Baru. Kepada stasiun berita BBC, Scollay menjelaskan bahwa di musim-musim ini, umumnya terdapat banyak hiu di sekitar perairan dangkal, tetapi hiu-hiu tersebut adalah hiu yang tidak mungkin menyakiti manusia.

"Ini sangatlah tidak biasa. Di waktu seperti ini, ribuan orang berenang di area tersebut. Secara umum, tidak seharusnya kamu takut dengan hiu", imbuh Scollay. Ia juga menjelaskan bahwa walaupun serangan hiu jarang terjadi, bila ada hiu besar yang mendekat, orang-orang harus tetap tenang, memperingati sekitar, dan keluar dari air secara tenang.

Baca Juga: 5 Fakta Hiu Banteng, Lebih Berbahaya dari Hiu Putih Besar!

3. Merupakan serangan hiu fatal pertama sejak tahun 2013

Diserang Hiu, Perempuan di Selandia Baru MeninggalPantai Waihi, Selandia Baru. Sumber: Wikimedia/Pseudopanax

Insiden kematian Marlow menjadi serangan hiu fatal pertama di Selandia Baru sejak tahun 2013 lalu. Adam Strange, seorang pembuat film yang telah memenangkan berbagai penghargaan, menjadi korban serangan fatal hiu sebelum Marlow. Beberapa saksi mata mengatakan bahwa kematian Strange disebabkan oleh serangan beberapa hiu putih besar.

Mengutip dari The Guardian, saat kejadian, Strange sempat berteriak 'hiu', dan setelah itu terlihat darah di perairan. Pio Moise, salah seorang saksi yang sedang memancing ketika insiden terjadi menceritakan bahwa hiu sempat berhenti menyerang Strange selama beberapa saat dan Strange masih sempat meminta tolong. Namun, di menit beriktunya, hiu kembali menarik Strange ke dalam perairan dan beberapa saat setelah itu, Strange kembali muncul dengan keadaan sudah tidak bernyawa. 

Baca Juga: 6 Spesies Hiu Ganas yang Ada di Indonesia, Hati-Hati terhadap Mereka!

Aviliani Vini Photo Verified Writer Aviliani Vini

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya