Comscore Tracker

Ini Daftar Negara yang Telah Evakuasi Warganya dari Wuhan

Bagaimana dengan Indonesia?

Beijing, IDN Times - Pemerintah Tiongkok telah menerima banyak permintaan dari berbagai negara yang warganya berada di Wuhan untuk mengizinkan proses evakuasi. Wuhan sendiri merupakan pusat bermulanya penyebaran virus corona yang kini telah menjangkit banyak orang mulai dari Kamboja hingga Prancis.

Hingga Jumat (31/1), Tiongkok melaporkan ada 213 nyawa warganya melayang akibat terinfeksi virus corona. Di saat bersamaan, ada hampir 10.000 kasus di negara tersebut sejak akhir Desember. Dengan diumumkannya status darurat kesehatan internasional oleh WHO, tak heran jika banyak pemerintah di dunia yang ingin segera melakukan evakuasi.

1. Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang sudah memulangkan sebagian warganya

Ini Daftar Negara yang Telah Evakuasi Warganya dari WuhanSeorang wanita menggunakan masker saat berada di kawasan Chinatown wilayah Manchester, Inggris, pada 27 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble

Seperti dilaporkan kantor berita Yonhap, pesawat pertama yang digunakan Korea Selatan untuk mengevakuasi lebih dari 300 warganya dari Wuhan sudah sampai di Bandara Internasional Gimpo pada Jumat pagi.

Pemerintah mengirimkan pesawat kedua pada malam dan dijadwalkan membawa sekitar 350 orang kembali ke Korea Selatan pada Sabtu pagi (1/2). Jepang juga telah mengirimkan tiga pesawat ke Wuhan untuk mengangkut 565 orang. Kyodo News mengabarkan mereka sudah mendarat di Jepang pada Jumat. 

Amerika Serikat sendiri sudah membawa pulang hampir 200 warganya dari Wuhan pada Rabu (29/1). Dikutip dari CNN, mayoritas adalah diplomat dan para anggota keluarga mereka. Washington pun tengah berkomunikasi dengan Beijing untuk mengirimkan pesawat berikutnya.

2. Uni Eropa dan Inggris juga sudah mengevakuasi sebagian warga

Ini Daftar Negara yang Telah Evakuasi Warganya dari WuhanWarga yang mengatakan mereka tiba dari provinsi Hubei setelah melewati pos pemeriksaan di Jembatan Sungai Jiujang Yangtze, meniki ke stasiun kereta di Jiujang, provinsi Jiangxi, Tiongkok, saat negeri tersebut sedang terjadi penularan virus corona baru, pada 31 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

BBC melaporkan sebuah pesawat yang membawa 83 orang Inggris dari Wuhan sudah tiba pada Jumat. Otoritas kesehatan Inggris langsung memerintahkan agar mereka dikarantina selama 14 hari. Selain itu, ada 27 warga negara Uni Eropa yang turut diterbangkan keluar dari kawasan tersebut.

Dilansir dari The Local Germany, Berlin telah mengirimkan pesawat ke Wuhan untuk mengevakuasi lebih dari 100 warganya. Pesawat dijadwalkan kembali ke Jerman pada Sabtu pagi waktu setempat. Sedangkan AFP memberitakan bahwa sebanyak lebih dari 170 warga Prancis telah keluar dari Wuhan dan ada dua di antaranya yang positif terinfeksi.

3. Beberapa negara lain menyatakan berencana mengirim pesawat evakuasi ke Wuhan

Ini Daftar Negara yang Telah Evakuasi Warganya dari WuhanAnggota paramiliter menggunakan masker saat berjaga di Gerbang Tiananmen, saat sejumlah wilayah dilanda wabah virus korona baru, di Beijing, Tiongkok, pada 27 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

Australia menginformasikan akan mengirimkan pesawat evakuasi ke Wuhan pada akhir pekan ini. 9News menyebut pemerintah Tiongkok belum memberikan lampu hijau kepada Australia untuk melakukan evakuasi terhadap hampir 600 warganya di sana. Pesawat yang dipakai pemerintah pun dilaporkan akan singgah di Hong Kong dulu sambil menanti izin.

Sementara itu, South China Morning Post melaporkan bahwa Tiongkok sudah mengizinkan Kanada untuk mengevakuasi 196 warganya dari Wuhan. Pesawat pun sudah disewa oleh pemerintah dan kemungkinan akan meninggalkan Kanada pada akhir pekan.

Pemerintah Indonesia sendiri berencana untuk membawa pulang 243 WNI dari Wuhan. Menurut informasi yang diperoleh IDN Times, salah satu pesawat yang disewa adalah milik Batik Air jenis Airbus A330 dengan nomor penerbangan ID8618. Pesawat dikabarkan akan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu pagi.

Baca Juga: Hoax Virus Corona, Mahasiswa Cilacap di Cina Cerita Kondisi Sebenarnya

Ini Daftar Negara yang Telah Evakuasi Warganya dari WuhanNomor hotline untuk dihubungi soal virus Corona. (IDN Times/Arief Rahmat)

Bianca Nazanin Photo Verified Writer Bianca Nazanin

is capitalism any good?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya