Menakjubkan! Pasangan Filipina Ini Menikah Saat Gunung Taal Erupsi

Lokasi resepsi mereka hanya berjarak 16 km dari Gunung Taal

Tagaytay City, IDN Times - Pasangan Chino dan Kat Vaflor tetap nekad melangsungkan resepsi pernikahan meski tempat keduanya mengikat janji hanya berjarak sekitar 16 kilometer dari Gunung Taal yang sedang erupsi pada Minggu (12/1).

Peristiwa bahagia itu pun seakan kontras dengan pemandangan di belakang mereka ketika asap dan abu tebal membumbung tinggi ke angkasa. Situasi ini pun tak disia-siakan oleh fotografer pernikahan, Randolf Evan, yang langsung mengabadikan momen langka nan dramatis tersebut.

1. Fotografer pernikahan mengaku sempat gugup

Menakjubkan! Pasangan Filipina Ini Menikah Saat Gunung Taal ErupsiFoto pernikahan Chino dan Kat Vaflor dengan latar belakang Gunung Taal yang sedang erupsi di Tagaytay, Filipina, pada 12 Januari 2020. facebook.com/randolfevanphotography

Menurut sang fotografer, sebenarnya pengantin maupun tamu sempat khawatir dengan situasi yang ada. "Kami sebenarnya gugup sebab sembari bekerja kami tetap memantau media sosial untuk mendapatkan berita terbaru soal erupsi gunung berapi," kata Evan kepada CNN.

"Jadi kami sesungguhnya sadar akan adanya peringatan serta tingkat eskalasi yang diumumkan secara langsung. Kami juga mendiskusikan secara diam-diam apa yang harus kami lakukan saat hal terburuk terjadi."

2. Pengantin dan para tamu bersikap tenang

Menakjubkan! Pasangan Filipina Ini Menikah Saat Gunung Taal ErupsiFoto pernikahan Chino dan Kat Vaflor dengan latar belakang Gunung Taal yang sedang erupsi di Tagaytay, Filipina, pada 12 Januari 2020. facebook.com/randolfevanphotography

Berdasarkan pengakuan Evan, pesta itu sudah dijadwalkan jauh-jauh hari. Menjelang acara yang berlangsung pada siang hari, gunung berapi paling aktif di Filipina itu memperlihatkan tanda-tanda akan erupsi. Benar saja, prediksi mereka menjadi kenyataan.

"Kami menyadari ada asap putih keluar dari Taal saat persiapan pada sekitar pukul 14.00 dan dari situ kami tahu ada sesuatu tak biasa yang sedang terjadi dengan gunung berapi tersebut," jelas Evan, seperti dilansir dari BBC.

Meski begitu, semua orang bersikap "tenang" ketika acara berlangsung. "Kami bisa merasakan abu menghujani pakaian-pakaian kami. Namun, itu tidak terasa mengkhawatirkan sampai malam tiba saat abu berubah lebih tebal dan seperti lumpur," tambahnya.

3. Pesta tetap berjalan dan para tamu mengunggah momen-momen dramatis di media sosial

Menakjubkan! Pasangan Filipina Ini Menikah Saat Gunung Taal ErupsiFoto pernikahan Chino dan Kat Vaflor dengan latar belakang Gunung Taal yang sedang erupsi di Tagaytay, Filipina, pada 12 Januari 2020. facebook.com/randolfevanphotography

"Mengejutkannya setiap orang merasa tenang dan rileks. Itu adalah suatu pernikahan intim jadi sebagian besar tamu adalah keluarga serta teman dekat pasangan, oleh karena itu tak ada yang pergi meninggalkan lokasi," tutur Evan.

Bahkan mereka tetap berpesta setelah proses pemberkatan selesai. Mengingat itu adalah peristiwa langka, tak heran para tamu mendokumentasikannya lewat foto serta video yang kemudian dibagikan di media sosial. Kata Evan beberapa memperlihatkan awan tebal dengan kilatan cahaya sebagai latar belakang.

Baca Juga: 12 Wahana Hiburan yang Cocok untuk Foto Pre Wedding, Seru Banget!

4. Otoritas Filipina mengumumkan Siaga 3

Menakjubkan! Pasangan Filipina Ini Menikah Saat Gunung Taal ErupsiGunung berapi Taal yang meletus terlihat dari Tagaytay City, Filipina, pada 13 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Eloisa Lopez

Di hari yang sama dengan pernikahan Chino dan Kat, Badan Volkanologi dan Seismologi Filipina mengunggah pengumuman di Facebook bahwa situasi saat itu adalah Siaga 3. Peningkatan aktivitas Gunung Taal juga disertai dengan sejumlah gempa yang dirasakan di daerah-daerah sekitarnya.

Lembaga itu pun menyarankan agar para penduduk di sekitar lokasi untuk segera dievakuasi sebab diprediksi eskalasi akan terus terjadi. Pada Senin (13/1), Gunung Taal dilaporkan mengeluarkan lava panas yang sangat berbahaya.

5. Pasangan Indonesia pernah foto pre-wedding dengan latar belakang Gunung Merapi sedang erupsi

Menakjubkan! Pasangan Filipina Ini Menikah Saat Gunung Taal ErupsiFoto pernikahan pasangan Jony Listyawan dan Fitriana Damayanti di Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah pada 1 Juni 2018. facebook.com/Jony Listyawan

Chino dan Kat bukan satu-satunya pasangan yang melangsungkan momen istimewa dengan gunung berapi sedang beraktivitas tinggi di sekitarnya. Pada Juni 2018 lalu, Jony Listyawan dan Fitriana Damayanti menjadi viral setelah foto-foto pre-wedding mereka muncul di media sosial.

Di belakang mereka adalah Gunung Merapi yang tengah meletus. Jony yang memakai setelan jas hitam dan Fitriana yang mengenakan gaun pink seperti tampak santai, bahkan senang. Dalam sejumlah foto yang diunggah di akun Facebook pribadinya, baik Jony maupun Fitriana terlihat tersenyum karena peristiwa tak terduga itu.

Baca Juga: 5 Hal Mencengangkan dari Gunung Berapi Bawah Laut, Lebih Seram?

Bianca Nazanin Photo Verified Writer Bianca Nazanin

typing...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya