AS Bantu Pantau Kondisi Sungai Mekong dampak Bendungan Tiongkok

AS akan berikan data nyata Sungai Mekong

Washington, IDN Times - Sudah lebih dari dua dekade Tiongkok membangun beberapa bendungan raksasa di hulu Sungai Mekong yang disebut dengan Sungai Lancang. Akibat adanya bendungan tersebut permasalahan antara Tiongkok dan negara tetangganya kian meruncing terkait dampak bagian hilir sungai terpanjang di Asia Tenggara tersebut. 

Bahkan Amerika Serikat juga turut ikut turun tangan mendukung negara-negara Indochina, seperti Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand dan Myanmar untuk mendanai pemantauan satelit dari aktivitas Sungai Mekong. 

1. Membuat rencana pemantauan bertajuk Mekong Dam Monitor

Pada hari Senin (14/12) Amerika Serikat sudah merencanakan pendanaan proyek implementasi satelit untuk pelacakan dan pemantauan ketinggian air di Sungai Mekong. Hal ini terkait adanya belasan bendungan milik Tiongkok yang selama ini membendung sepanjang aliran hulu sungai ini, dikutip dari The Diplomat

Proyek Mekong Dam Monitor ini didanai sebagian oleh Departemen Luar Negeri AS yang menggunakan data dari sistem cloud untuk melacak kondisi air di bendungan Tiongkok dan negara lainnya. Selain itu, nantinya dari proyek ini akan diberikan informasi secara detil dan terbuka untuk siapapun serta bersifat langsung atau real-time, dilansir dari Japan Times

2. Beijing tolak tudingan bendungannya berdampak buruk bagi aliran sungai

Baca Juga: 5 Fakta Sungai Mekong, Perairan Penting di Asia Tenggara

Mendengar proyek dari Amerika Serikat tersebut, Tiongkok menolak adanya tudingan bahwa bendungan di negaranya berdampak buruk bagi negara lain. Bahkan Tiongkok juga menolak penelitian yang dilakukan oleh Eyes on Earth pada tahun 2019 yang menyebutkan bendungannya sebagai dalang kekeringan di Asia Tenggara, dilansir dari Sputnik.

Menanggapi permasalahan ini, Tiongkok pada awal tahun ini juga menyetujui pembagian data dengan negara-negara Komisi Sungai Mekong, meliputi, Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos dan Vietnam. Padahal sebelumnya Beijing hanya membagikan informasi hujan musiman, tapi kini berjanji untuk membagikan data hidrologi setiap tahunnya. 

3. Menjadi sumber permasalahan selain Laut Tiongkok Selatan

AS Bantu Pantau Kondisi Sungai Mekong dampak Bendungan TiongkokKondisi Sungai Mekong di Laos. instagram.com/littlemissottawa/

Selain permasalahan Laut Tiongkok Selatan yang selama ini menjadi persengketaan antara Tiongkok dan negara-negara Asia Tenggara. Kondisi serupa juga terjadi di aliran Sungai Mekong yang mengalir dari Tibet, Tiongkok hingga muara Laut Tiongkok Selatan di Vietnam. 

Perselisihan kian meruncing setelah maraknya pembangunan bendungan raksasa oleh Pemerintah Tiongkok di area hulu. Bahkan hingga kini total terdapat 11 bendungan yang berdiri di sepanjang aliran Sungai Mekong di Tiongkok. 

Alhasil adanya bendungan Tiongkok tersebut sudah berdampak banjir dan kekeringan di area hilir sungai yang melintasi lima negara Asia Tenggara sejak tahun lalu. Padahal sungai tersebut menjadi sumber kehidupan bagi sekitar 60 juta masyarakat di negara hilir, dilansir dari Japan Times

Baca Juga: 5 Fakta Sungai Mekong, Perairan Penting di Asia Tenggara

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya