Bos Kartel Teluk, El Contador Ditangkap di Mexico City

El Contador merupakan keponakan Osiel Cardenas

Jakarta, IDN Times - Bos Kartel Teluk bernama José Alfredo Cárdenas Martínez alias El Contador berhasil ditangkap oleh militer Meksiko pada Sabtu (26/2/2022). Penangkapan ini disebut sebagai salah satu yang terbesar di masa kepemimpinan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador (AMLO).

Pada akhir Februari lalu, otoritas Meksiko juga berhasil menangkap petinggi organisasi kriminal Los Salgueiro, José Bryan Salgueiro Zepeda alias El 90. Pasalnya, organisasi itu dikenal memiliki afiliasi dengan Kartel Sinaloa yang kini dipimpin oleh anak El Chapo alias Los Chapitos. 

1. El Contador berhasil ditangkap untuk ketiga kalinya

Penangkapan El Contador (The Accountant) ini dilangsungkan pada Sabtu siang di sebuah area permukiman di ibu kota Mexico City. Selain menangkap pemimpin kartel itu, otoritas setempat juga menemukan senjata api berkaliber 0.380 dan 600 paket berwarna putih yang menyerupai narkoba jenis sabu-sabu. 

Proses penangkapan ini dilakukan dalam operasi gabungan yang dilakukan oleh tentara Meksiko, Guardia Nacional, dan Secretaría de Seguridad Ciudadana de la Ciudad de México (SSD). Selain itu, informasi keberadaan Cardenas juga diketahui atas hasil kerja dari Centro Nacional de Inteligencia (CNI), dilansir La Jornada

Dikutip Vice News, penangkapan Cardenas kali ini menjadi yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya berhasil ditangkap pada tahun 2018 dan 2019. Pada penangkapan pertama, Cardenas hanya ditahan selama beberapa hari setelah ia mengajukan banding dan menuding otoritas melakukan kebohongan. 

Sementara, dalam penangkapan kedua, Cardenas menghabiskan waktu di dalam penjara selama lebih dari satu tahun lantaran terlibat kasus penculikan. Akan tetapi, ia kembali dibebaskan terkait masalah teknis.  

2. Dituding terlibat dalam pembunuhan massal di Reynosa pada Juni 2021

Baca Juga: Pembawa Acara TV Ditemukan Tewas di Mexico City

Alfredo Cardenas diketahui sudah menjadi buronan dari Kantor Kejaksaan Tamaulipas lantaran diduga terlibat berbagai kasus kriminal. Bahkan, ia diduga terlibat dalam kasus pembunuhan massal di Reynosa pada Juni 2021, yang mengakibatkan tewasnya 15 orang. 

Cardenas diduga tengah memimpin faksi dari Kartel Teluk yang dikenal dengan nama Los Ciclones dan Los Escorpiones yang beroperasi di kota perbatasan Matamoros. Pasalnya, kota yang berbatasan dengan Brownsville, Texas itu menjadi salah satu gerbang utama penyelundupan narkoba. 

Kartel Teluk dikenal sebagai salah satu organisasi kriminal tertua di Meksiko yang berdiri sejak 1920-an untuk menyelundupkan minuman beralkohol ke Amerika Serikat. Organisasi kriminal itu mulanya dikuasai oleh García-Ábrego hingga tahun 1990-an. 

Sementara itu, Cardenas dikenal sebagai keponakan eks pemimpin Kartel Teluk dan pendiri Los Zetas, Osiel Cardenas Guillen. Pada 2003, Osiel berhasil ditangkap oleh militer Meksiko dan dijebloskan ke dalam penjara, tapi ia disebut masih dapat memimpin kartelnya dari dalam penjara. 

Pada 2007, Osiel resmi diekstradisi ke Amerika Serikat sekaligus mengakhiri kepemimpinannya dalam organisasi Los Zetas. Hal itu menimbulkan perpecahan di tubuh Los Zetas dan Kartel Teluk yang justru berperang satu sama lain. 

3. Terdapat beberapa serangan balasan dari Kartel Teluk di Tamaulipas

Dilaporkan Latin Post, penangkapan El Contador ini hanya berselang beberapa hari usai ditangkapnya Obed Pena (24) yang disebut merupakan pemimpin regional Kartel Teluk yang berada di Kota Diaz Ordaz. 

Setelah ditangkapnya kedua pemimpin kartel itu, Texas Military Department (TMD) dan Departmen of Public Safety (DPS) telah memberikan isu peringatan terkait kemungkinan serangan balasan dari Kartel Teluk. 

Pihak TMD juga sudah memperingatakan Pasukan Penjaga Perbatasan dan DPS untuk memperketat penjagaan di perbatasan AS-Meksiko. "Kami sudah menilai kemungkinan ancaman melawan pasukan kami dan sudah mengantisipasi serangan baru" ungkap Kolonel Rita Holton. 

Sementara itu, menanggapi ditangkapnya Alfredo Cardenas, terdapat sejumlah serangan dan blokade yang dilakukan oleh pasukan Kartel Teluk di Reynosa, Miguel Aleman, Diaz Ordaz. Bahkan, pasukan kartel sudah menghancurkan kamera pengawas dan senjata polisi untuk menakut-nakuti publik, dilaporkan Breitbart

Baca Juga: Ada Hubungan dengan Kartel Narkoba, Mendagri Paraguay Dipecat

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya