Cuaca Buruk di Kolombia Sebabkan Puluhan Korban Jiwa

Dipengaruhi fenomena La Nina

Bogota, IDN Times - Belakangan ini curah hujan tinggi dan cuaca buruk kembali menghampiri sebagian wilayah Kolombia. Bahkan sejak beberapa bulan dalam musim hujan kali ini sudah menyebabkan puluhan warga Kolombia tewas akibat rentetan bencana alam menyusul adanya cuaca buruk. 

Selain sebabkan timbulnya korban jiwa, cuaca buruk di Kolombia juga berdampak pada rusaknya fasilitas umum dan permukiman penduduk. 

1. Akan adanya cuaca buruk saat perayaan Paskah di Kolombia

Cuaca Buruk di Kolombia Sebabkan Puluhan Korban JiwaSisa lumpur dari banjir di Dabeiba, Kolombia. twitter.com/MargaritaRepo/

Pada hari Sabtu (27/03/2021) Institut Hidrologi, Meteorologi, dan Lingkungan (IDEAM) Kolombia mengumumkan datangnya musim hujan di Kolombia. Namun musim hujan kali ini berbeda dibandingkan biasanya, karena disambut juga dengan pengaruh fenomena La Nina yang menyulut adanya cuaca buruk. 

Melansir dari Semana, pada perayaan Minggu Agung mulai 28 Maret hingga 3 April 2021 kali ini diprediksi akan terjadi hujan lebat di berbagai wilayah Kolombia. Bahkan selain hujan lebat, nantinya di sejumlah wilayah akan diterjang badai dan angin kencang. 

Tercatat nantinya akan ada 275 area perkotaan di 25 departemen di Kolombia yang terdampak hujan lebat. Namun wilayah seperti Cundinamarca, Nariño, Antioquia, Huila, Cauca dan Valle del Cauca akan menjadi pusat konsentrasi hujan lebat, dilansir dari Infobae

2. Cuaca buruk sudah timbulkan puluhan korban jiwa

Baca Juga: Venezuela Bentrok dengan Kelompok Bersenjata Kolombia

Mengutip dari Infobae, Unit Penanganan Bencana (UNGRD) Kolombia mengatakan hingga kini sudah tercatat sebanyak 53 korban jiwa dan sekitar 8.734 keluarga terdampak akibat rentetan bencana alam. Selain itu, sudah tercatat sebanyak 521 bencana alam dalam beberapa bulan ini yang terdiri dari 277 longsor, 83 banjir, 50 angin kencang, 51 banjir dadakan, 41 badai, 12 hujan lebat, 5 hujan es, dan 2 badai petir. 

Selain menimbulkan korban jiwa, bencana juga menyebabkan kerusakan infrastruktur meliputi, 2 pusat kesehatan, 26 pusat pendidikan, 8 pusat komunitas, 420 jalan di seluruh negeri, 42 jembatan gantung dan 27 jembatan penyeberangan orang. Kemudian sebanyak 84 rumah hancur dan 5.381 mengalami kerusakan yang disebabkan fenomena hujan lebat. 

3. Tercatat rekor curah hujan tertinggi di Kolombia

Melansir dari The City Paper Bogota, hujan lebat di Kolombia menembus rekor tertinggi pada bulan Maret ini. Bahkan hujan yang berdampak banjir juga menghampiri kota-kota besar di Kolombia seperti Cali dan Medellin sehingga menyebabkan kerusakan fasilitas umum dan rumah warga. 

Ibukota Bogota juga tak luput dari bencana badai petir yang berasal dari cekungan Orinoco dan Amazon menuju ke Pegunungan Andes bagian Timur. Bahkan diketahui rentetan hujan kali ini menjadi yang terbesar di pesisir Pasifik Kolombia akibat pengaruh La Nina. Selain menghampiri Kolombia, cuaca buruk kali ini juga menerjang negara tetangga Ekuador beberapa hari belakangan. 

Baca Juga: 117 Ribu Dosis Vaksin dari COVAX Diterima Kolombia

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya