Comscore Tracker

FARC Wajib Bayar Rp515 Miliar atas Penculikan Betancourt

Sebagai ganti rugi atas kejahatan FARC

Jakarta, IDN Times - Pengadilan Pennsylvania, Amerika Serikat pada Kamis (13/1/2022) menyerukan kepada mantan gerilya FARC (Fuerzas Armadas Revolucionarias de Colombia) agar membayar ganti rugi kepada Ingrid Betancourt. 

Pasalnya, Betancourt yang merupakan seorang politisi sudah diculik dan ditahan selama beberapa tahun oleh pasukan gerilya sayap kiri itu. Bahkan, penculikan ini diyakini telah merusak psikologis perempuan asal Kolombia itu.

1. FARC diharuskan memberi kompensasi sebesar Rp515 miliar

FARC Wajib Bayar Rp515 Miliar atas Penculikan BetancourtAtribut di seragam pasukan FARC Kolombia. (twitter.com/superstereo981)

Kompensasi yang harus dibayarkan oleh mantan anggota FARC dan beberapa pemimpinnya mencapai 36 juta dolar AS atau senilai Rp515 miliar. Keputusan itu sudah disetujui sejak 4 Januari lalu oleh Hakim Mattew Bran dan baru diumumkan pada Kamis lalu. 

Tuntutan kepada eks FARC ini diajukan oleh anak Betancourt yang bernama Lawrence Delloye pada 2018 lalu. Namun, mulanya tuntutan ganti rugi yang diajukan hanya sebesar 12 juta dolar AS atau Rp171,7 juta, dilansir Mercopress

Sementara itu, Delloye yang merupakan warga negara AS lantaran lahir di San Bernardino, California pada tahun 1988 sudah menuntut petinggi FARC sesuai hukum Antiteroris. Hukum itu memperbolehkan korban aksi terorisme mendapatkan ganti rugi kompensasi, dikutip dari France24

Kendati demikian, dari 15 petinggi FARC yang dituntut hanya satu orang, Juan José Martínez Vega yang merespon tuntutan ini. Sedangkan lainnya tidak pernah hadir dalam persidangan yang sudah digelar lebih dari tiga tahun terakhir. 

2. Delloye sebut bila ia mendapat tekanan emosi hebat ketika ibunya diculik

FARC Wajib Bayar Rp515 Miliar atas Penculikan BetancourtIngrid Betancourt bersama anaknya Lawrence Delloye. (twitter.com/eldiario)

Baca Juga: Ribuan Guru Prancis Mogok Kerja, Sebut Pemerintah Labil Tangani COVID

Dilaporkan Mercopress, Delloye mengungkapkan bila tuntutan yang diajukannya kepada FARC dan pemimpinnya tidak melanggar hukum Antiteroris. Pasalnya, penculikan ibunya telah mengakibatkan tekanan emosi yang hebat pada dirinya yang kala itu masih berusia remaja. 

"FARC dan anggotanya telah menyebabkan penuntut mengalami kerusakan psikologis akibat perpisahan dengan ibunya dan mengalami tekanan emosi lantaran tidak mengetahui kondisi ibunya sebenarnya apakah masih hidup atau sudah meninggal atau akankah ia dapat bertemu dengan ibunya kembali" ungkap pengacara Delloye. 

Sementara itu, pihak Kejaksaan juga mengungkapkan hal yang sama bahwa Delloye sudah mengalami tekanan emosi dan trauma yang hebat ketika ia masih menginjak usai remaja setelah ibunya diculik. 

"Tidak ada nilai uang yang dapat menggantikan waktu ketika Lawrence Delloye kehilangan ibunya ataupun penyembuhan trauma yang diakibatkan oleh aksi FARC. Kami bangga karena bisa memberikan keadilan pada kasus ini" ujar Jaksa Robert Levy. 

3. Ingrid Betancourt diculik FARC selama lebih dari enam tahun

Ingrid Betancourt (61) merupakan mantan senator Kolombia yang memiliki kewarganegaraan ganda Kolombia dan Prancis. Ia telah diculiik oleh pasukan FARC pada 23 Februari 2002, ketika sedang melakoni kampanye pencalonannya sebagai presiden Kolombia. 

Namun, penculikan Betancourt berlangsung selama lebih dari enam tahun lamanya dan ia berhasil diselamatkan pada 2 Juli 2008. Selain Betancourt, terdapat 14 sandera lainnya yang berhasil dibebaskan oleh militer Kolombia saat itu.

Pada Juni 2021 lalu, Betancourt dan beberapa korban penculikan FARC lainnya akhirnya bersedia untuk bertemu dengan mantan petinggi gerilya sayap kiri itu. Ia akhirnya memberanikan diri untuk bertemu dengan mantan penculiknya setelah 13 tahun lamanya. 

Semenjak diadakannya perjanjian damai antara Pemerintah Kolombia dan FARC pada 2016, kasus kekerasan di negara Amerika Selatan itu berkurang drastis. Akan tetapi, masih terdapat sejumlah pasukan pemberontak dan anggota FARC yang menolak perdamaian, dilaporkan dari France24.

Baca Juga: 23 Orang Tewas dalam Bentrok Antar Pemberontak di Kolombia

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya