Finlandia: Rekor Suhu Udara Tertinggi Kedua di Lapland

Adanya gelombang panas di Finlandia

Helsinki, IDN Times - Finlandia telah mencapai rekor temperatur udara tertinggi sepanjang sejarah pada musim panas kali ini. Rekor suhu tertinggi berada di wilayah Lapland yang terletak di bagian utara Finlandia dengan suhu udara di atas 30 derajat Celcius. 

Rekor suhu udara tertinggi pada musim panas kali ini menyusul gelombang panas yang melanda Amerika Utara dan menyebabkan ratusan orang meninggal di area pesisir Pasifik Kanada dan Amerika Serikat. 

1. Rekor suhu udara tertinggi kedua di Lapland

Finlandia: Rekor Suhu Udara Tertinggi Kedua di LaplandSuasana musim panas di Utsjoki, Lapland, Finlandia. (instagram.com/riittabirkstedt)

Stasiun Meteorologi Utsjoki telah mencatatkan rekor suhu udara tertinggi kedua sepanjang sejarah di Lapland pada Senin (05/07/2021) yang mencapai 33,3 derajat Celcius. Sementara rekor temperatur tertinggi di Lapland sudah terjadi pada tahun 1914, di mana pada saat itu suhu udara menembus angka 34,7 derajat Celcius. 

Rekor tingginya temperatur udara di wilayah Lapland tersebut diikuti dengan naiknya suhu udara di hampir seluruh bagian negara Skandinavia tersebut. Bahkan diketahui suhu harian di Finlandia kini dalam kisaran 27 hingga 31 derajat Celcius, dikutip dari Helsinki Times.

2. Finlandia catatkan bulan Juni terpanas sejak ratusan tahun lalu

Baca Juga: Terduga Pembunuhan Kapal Feri Pada 1987 di Finlandia Dibebaskan

Finnish Meteorological Institute (FMI) juga sudah mencatatkan bulan Juni 2021 terpanas di Finlandia, di mana rata-rata suhu hariannya mencapai 25 derajat Celcius dalam 25 hari. Padahal umumnya suhu rata-rata di bulan Juni hanya sekitar 16,5 derajat Celcius dan menjadi tertinggi sejak 1844 serta melampaui catatan tertinggi 16,2 derajat Celcius pada 1953. 

Pada wilayah selatan Finlandia diketahui selama 10 hari berturut-turut suhu udara mencapai 25 derajat Celcius. Bahkan tren kenaikan terjadi di seluruh wilayah negara yang hampir seluruhnya mencatatkan rekor temperatur udara tertinggi pada bulan Juni, dikutip dari laman YLE

3. Adanya keterkaitan antara gelombang panas di Eropa dan Amerika Utara

Dilaporkan dari laman The Guardian, menurut profesor meteorologi di Sekolah Ilmu Kebumian, Atmosfer dan Lingkungan, Universitas Monash Michael Reeder mengatakan jika peristiwa di Eropa dan Amerika Utara berkaitan satu sama lain. 

Reeder menuliskan apabila kondisi meteorologi membuat terbentuknya gelombang panas di Amerika Utara. Ia juga menambahkan siklon tropis di bagian barat Pasifik dekat Jepang telah menganggu atmosfer sehingga menyebabkan terbentuknya gelombang Rossby dan berdampak gelombang panas di pesisir barat Kanada. 

Kemudian terdapat gelombang lain di Atlantik utara yang pecah dan menyebabkan kondisi temperatur tinggi pada negara-negara Nordic. Selain Finlandia, negara tetangganya Norwegia dan Swedia juga mengalami hal yang sama dengan rekor suhu udara yang mencapai 34 derajat Celcius. 

Baca Juga: Fakta Unik Budaya Sauna di Finlandia, Jadi Pusat Sauna Dunia!

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya