Comscore Tracker

Gabon Dapat Hadiah Atas Keberhasilan Lindungi Hutan

Negara Afrika pertama yang dapatkan hadiah dari PBB

Libreville, IDN Times - Pemerintah Gabon mendapatkan sejumlah bantuan dana lantaran berhasil melindungi seluruh area hutan di negaranya. Keputusan ini dilakukan sesuai dalam program PBB bernama CAFI (Central African Forest Initiative) sebagai bentuk intensif bagi keberhasilan mengurangi emisi karbon. 

Hutan Hujan Tropis selama ini menjadi salah satu hal yang vital dalam rangka melindungi Bumi. Bahkan diketahui hutan hujan tropis dapat menyerap emisi karbon dan melepaskan oksigen. 

1. Negara Afrika pertama yang dapatkan hadiah dari CAFI

Pada hari Selasa (22/06/2021) Gabon resmi mendapatkan hadiah atas keberhasilannya untuk melindungi hutan sekaligus mengurangi emisi karbon antara tahun 2016-2017. Negara di Afrika Tengah tersebut mendapatkan kucuran dana hadiah sebesar 14 juta euro atau Rp241,25 miliar. 

Atas hasil ini, maka Gabon juga dinobatkan sebagai negara Afrika pertama yang mendapatkan hadiah dari program PBB bernama CAFI (Central African Forest Initiative). Sebelumnya Gabon juga sudah setuju dengan CAFI mengenai perjanjian 10 tahun yang dimulai pada 2019 untuk melindungi hutan dan mengurangi emisi karbon. 

Bahkan apabila Gabon berhasil mencapai pengurangan emisi sesuai dengan perjanjian dengan CAFI pada 2025, maka negara Afrika Tengah tersebut akan mendapatkan dana sebesar 126 juta euro atau Rp2,17 triliun, dilansir dari laman Euronews

2. Norwegia memberi apresiasi atas keberhasilan Gabon

Baca Juga: Banjir dan Longsor di Parapat Diduga Akibat Kerusakan Hutan

Dana insentif pertama dari sebanyak 126 juta euro dalam program CAFI yang diberikan kepada Gabon ini mayoritas berasal dari Norwegia. Pihak Norwegia juga memberi apresiasi dan menyambut baik kabar ini serta mengatakan jika negara berkembang membutuhkan insentif untuk mengembalikan fungsi hutan hujan tropis, dikutip dari Euronews.

Menteri Lingkungan Norwegia, Sveinung Rotevatn mengatakan jika, "Gabon telah menunjukkan visi, dedikasi dan kekuatan dinamis untuk mengurangi emisi CO2 pada area hutan hujan tropis di Dataran Kongo."

Sedangkan pihak Menteri Lingkungan Gabon, Lee White mengatakan jika dana pembayaran awal tersebut akan dialokasikan dalam proyek kehutanan lokal. Tujuan proyek ini untuk meningkatkan penghasilan, kehidupan dan kesejahteraan komunitas di Gabon, dilaporkan dari France24.

3. Gabon sudah meluncurkan beberapa program konservasi

Gabon Dapat Hadiah Atas Keberhasilan Lindungi HutanPemandangan hutan hujan tropis di Gabon. (twitter.com/FSC_BassinCongo)

Pemerintah Gabon sudah melakukan sejumlah upaya konservasi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk membuat sebuah proyek untuk melawan penebangan hutan liar. Bahkan Gabon menjadi pemimpin di Afrika Tengah dalam mempertahankan area hutannya dengan membangun 13 taman nasional sejak tahun 2000. 

Meskipun sebenarnya Gabon selama ini menghasilkan uang dari produksi kayu, bahkan sektor kehutanan menjadi sumber ekonomi terbesar kedua. Namun Pemerintah Gabon mengatakan apabila akan tetap menanam pohon dan meningkatkan nilai sektor kehutanan dengan melakukan proses lebih terhadap bahan mentah di dalam negeri, dilansir dari BBC

Dilansir dari Euronews, 88 persen wilayah di Gabon merupakan area hutan yang menjadi rumah bagi beragam keanekaragaman hayati termasuk 60 persen di antaranya merupakan hutan perlindungan gajah. Bahkan tanaman dalam hutan hujan tropis Gabon telah menyerap 127 juta ton CO2 setiap tahunnya atau sama dengan menghilangkan 30 juta mobil di jalanan dunia. 

Baca Juga: Hari Mangrove se-Dunia, Kerusakan Hutan di Sumut Memprihatinkan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya