India Jadi Negara dengan Kasus Covid-19 Terbesar Kedua di Dunia

Mengungguli kasus Covid-19 di Brasil 

New Delhi, IDN Times - Kasus pandemi Covid-19 di seluruh dunia belum juga usai, malah menunjukkan lonjakan kasus yang begitu besar. Tak terkecuali di India yang jumlahnya semakin meningkat dari hari ke harinya sejak diketahui adanya kasus Covid-19 pertama di negara tersebut pada bulan Februari lalu. 

Bahkan memasuki bulan September ini kasus terinfeksi Covid-19 di India terus meningkat bahkan meunjukkan lompatan yang begitu tinggi. Dilansir dari Sky News, pada hari Senin (7/09) menunjukkan kasus yang terjangkit Covid-19 di India mencapai 4,2 juta jiwa dan mengungguli Brasil di posisi kedua. 

1. Melampaui kasus Covid-19 di Brasil

India Jadi Negara dengan Kasus Covid-19 Terbesar Kedua di DuniaRibuan penduduk India pulang kampung akibat diberlakukannya kebijakan lockdown akibat pandemi Covid-19. pixabay.com/balouriarajesh

Selama beberapa bulan ini kasus Covid-19 tertinggi kedua di dunia setelah AS diduduki oleh Brasil dengan kasus yang mencapai 4,137,606 jiwa hingga Senin (7/09). Namun kasus terinfeksi Covid-19 di Brasil cenderung mengalami penurunan pada beberapa hari terakhir ini. Sebaliknya, kasus Covid-19 di India justru menunjukkan peningkatan yang signifikan. 

Terhitung sejak hari ini, korban tertular Covid-19 di India mencapai 4,204,613 jiwa dan mengungguli Brasil yang selama ini di posisi kedua. Melansir dari Free Press Journal, lonjakan kasus Covid-19 di India pada Minggu (6/9) sebesar 90,802 jiwa dalam sehari. 

2. Kasus kematian akibat virus Covid-19 terus meningkat

India Jadi Negara dengan Kasus Covid-19 Terbesar Kedua di DuniaShivraj Singh Chouhan, Ketua Menteri Madhya Pradesh saat meninjau penanganan Covid-19. twitter.com/ChouhanShivraj

Melonjaknya infeksi Covid-19 di India justru tentunya berkaitan dengan tingkat kematian akibat Covid-19. Sesuai data dari John Hopkins University, jumlah korban jiwa di India sudah mencapai 71,642 jiwa hingga sejauh ini. 

Sedangkan kasusnya sudah tersebar di seluruh provinsi yang ada di India. Sementara, kasus infeksi terbanyak terdapat di Provinsi Maharashtra yang sebesar 907,212 dan kematian mencapai 26,604 jiwa. 

3. Tingkat kesembuhan di India termasuk tinggi

India Jadi Negara dengan Kasus Covid-19 Terbesar Kedua di DuniaDokter di AIIM yang menyalakan lilin untuk mengenang pekerja kesehatan yang tewas akibat keganasan virus Covid-19. twitter.com/Runjhunsharmas

Meskipun menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbesar kedua di dunia, tingkat kesembuhan di India cukup tinggi. Besarnya orang yang sembuh dari Covid-19 di India mencapai angka 3,250,429 jiwa yang artinya tingkat kesembuhannya mencapai 77,30 persen yang dikutip dari Free Press Journal

Tingginya jumlah populasi yang berhasil pulih disebabkan masyarakat India yang tergolong berusia muda, sehingga memiliki imunitas yang lebih tinggi. Bahkan tingkat kematiannya hanya sebesar 1,7 persen dari populasinya yang terjangkit virus corona. 

Baca Juga: Miris! Hanya dalam Sehari, 75.000 Orang Terpapar COVID-19 di India

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya