Junta Militer Gabon Hukum Anak Eks Presiden Ali Bongo

Keluarga Bongo diduga korupsi

Jakarta, IDN Times - Pemerintah junta militer Gabon resmi menghukum kerabat mantan Presiden Ali Bongo Ondimba, termasuk anaknya, Noureddin Bongo Valentin pada Rabu (20/9/2023). Ia dianggap terlibat dalam kasus korupsi uang negara dan pengkhianatan kepada negara. 

Setelah mendepak Ali Bongo, junta militer Gabon melakukan sejumlah perubahan di negaranya. Mereka menunjuk politikus oposisi sebagai perdana menteri baru untuk mendirikan pemerintahan sementara. Namun, terdapat tokoh militer yang masuk dalam jajaran kabinet baru. 

Baca Juga: Gabon Janjikan Proses Transisi Demokrasi Selama 2 Tahun

1. Sejumlah pejabat tinggi Gabon divonis hukuman

Jaksa Andre Patrick Roponat mengumumkan hukuman kepada anak pertama Bongo Ondimba, Noureddin Bongo Valentin, bersamaan dengan 11 mantan pejabat tinggi Gabon lainnya. 

Selain anak Bongo, mantan juru bicara Kepresidenan Gabon, Jessye Ella Ekogha juga sudah ditangkap dan dijatuhi hukuman. Kesemua mantan pejabat tinggi pemerintahan Gabon itu sudah ditahan di Libreville. 

Dilansir RFI, vonis hukuman kepada Bongo Valentin bersama 11 orang tersebut disebut lebih berat dari yang diumumkan oleh pihak militer pada saat penangkapannya. Namun, terdapat beberapa orang yang jadi tahanan rumah karena tidak cukupnya bukti untuk menjeratnya. 

Kejaksaan Tinggi Gabon pun mengatakan bahwa investigasi terhadap mantan pejabat publik pada masa kepemimpinan Bongo Ondimba akan terus berlanjut. Diperkirakan penangkapan masih akan berlangsung.

Baca Juga: Blok Ekonomi Afrika Tengah Tangguhkan Keanggotaan Gabon Usai Kudeta

2. Militer lancarkan operasi penggeledahan ke rumah Ali Bongo

Pada hari kudeta militer di Gabon, personel militer telah menginstruksikan penangkapan terhadap kerabat Bongo Ondimba. Anak pertamanya, Noureddin Bongo Valentin yang menjabat sebagai pejabat senior pun ikut ditangkap pada hari itu. 

Dilaporkan Africa News, proses penggeledahan rumah-rumah milik keluarga Bongo sudah disiarkan secara langsung di televisi nasional. Di dalam rumah miliknya, ditemukan sejumlah peti, koper, dan tas yang digunakan untuk menyimpan uang. 

Sementara itu, mantan Presiden Bongo Ondimba dan istrinya, Sylvia Bongo Valentin telah ditetapkan sebagai tahanan rumah di Libreville. Presiden Gabon, Jenderal Brice Oligui Nguema telah membebaskan Ali Bongo dan memperbolehkannya untuk pergi ke luar negeri. 

3. Eks Menteri Sumber Daya Air dan Hutan Gabon ditangkap

Pekan lalu, mantan Menteri Sumber Daya Air dan Hutan, Lee White telah ditangkap oleh aparat dari Direktorat Penelitian Gabon. Ia dipanggil untuk dimintai keterangan dan diselidiki terkait dugaan penjualan hutan. 

White dikenal sebagai sosok yang sangat dekat dengan eks Presiden Ali Bongo yang diduga berkomplot untuk melakukan penjualan hutan di Gabon. Ia diduga sudah menyetujui dua izin terhadap hutan seluas 57 ribu hektare dan 97 ribu hektare. Ia pun diduga terlibat kasus penggunaan uang negara untuk kepentingan pribadi. 

Lee White bukan satu-satunya menteri yang ditangkap menyusul kudeta militer di Gabon pada akhir Agustus. Dua pejabat lainnya, mantan Menteri Perminyakan, Vincent de Paul Massassa dan mantan Menteri Pekerjaan Umum, Leon Armel Bounda Balonzi telah diadili terkait dugaan korupsi. 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya