Kazakhstan: Ledakan Tambang Batu Bara, 6 Tewas

Ledakan kembali terjadi di Kazakhstan

Jakarta, IDN Times - Insiden ledakan terjadi di sebuah tambang ArcelorMittal di Kazakhstan pada Minggu (7/11/2021). Kejadian ini disebabkan adanya kebocoran gas metan dari dalam tambang yang kemudian menyulut ledakan yang menewaskan beberapa pekerja tambang. 

Pada Agustus lalu, insiden ledakan pernah terjadi pangkalan militer Kazakhstan dan mengakibatkan 14 orang tewas dan sebanyak 90 orang mengalami luka-luka. 

1. Ledakan sebabkan 6 penambang tewas di tempat

Kementerian Situasi Darurat Kazakhstan mengumumkan secara langsung kecelakaan tambang di wilayah Karaganda pada pukul 09.30 waktu setempat. Bahkan insiden ledakan terjadi pada pagi hari dan menyebabkan setidaknya enam orang tewas di tempat dan dua lainnya dalam kondisi luka parah. 

Pada saat terjadi ledakan, diketahui terdapat 64 pekerja yang tengah berada di dalam tambang. Namun 56 diantaranya berhasil melarikan diri keluar dari dalam area tambang dan selamat dari ledakan. 

Sementara itu, ledakan kali ini terjadi di tambang batu bara yang dioperasikan oleh ArcelorMittal Temirtau. Pasalnya, perusahaan baja itu dikenal sebagai salah satu perusahaan besar di negara Asia Tengah itu, dilansir dari RFE/RL

2. Pemerintah terjunkan 20 pasukan penyelamat

Dikutip dari TASS, dua orang yang mengalami luka parah sudah dilarikan ke unit Instalasi Gawat Darurat di rumah sakit terdekat. Kedua penambang itu mengalami luka bakar setelah terkena ledakan gas metan. 

"Dua pekerja tambang batu bara diketahui lahir pada tahun 1960 dan 1963 sudah dilarikan ke rumah sakit pada 7 November. Keduanya mengalami keracunan akut lantaran menghirup gas beracun, termasuk metan dan karbonmonoksida. Kini keduanya sudah dalam perawatan. Dokter sedang mengupayakan penanganan terbaik bagi kedua korban" ungkap Kementerian Situasi Darurat Kazakhstan.

Sementara itu, Pemerintah Kazakhstan juga sudah mengirimkan 20 pasukan penyelamat dan tiga kendaraan alat berat untuk melakukan operasi penyelamatan. Pihak ArcelorMittal Temirtau menduga bahwa ledakan ini disebabkan gas dan batu bara. 

Baca Juga: Penembakan di Kazakhstan: 5 Tewas, 2 di Antaranya Polisi

3. Kecelakaan tambang kerap terjadi di Kazakhstan

Menanggapi kejadian ini, Menteri Situasi Darurat, Yuri Ilyin akan mendatangi lokasi kejadian untuk menilik secara langsung kondisi terkini. Sementara, PM Kazakhstan Askar Mamin juga sudah mendirikan komite khusus untuk menyelidiki penyebab insiden ini.

Kecelakaan tambang sudah umum terjadi di negara pecahan Uni Soviet yang ditengarai kurangnya langkah keamanan dan infrastruktur yang sudah tua. 

Pada 2008 lalu, ledakan gas metan besar pernah terjadi di Abai yang mengakibatkan tewasnya 30 penambang dan melukai 14 lainnya, dilaporkan dari RFE/RL.

Baca Juga: Kazakhstan: Fasilitas Militer Meledak, 60 Terluka

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya