Comscore Tracker

Kekeringan, Warga Chihuahua, Meksiko Protes Stop Bagikan Air ke AS

Protes masih berlangsung

Kota Meksiko, IDN Times - Pada hari Minggu (20/09) masyarakat di negara bagian Chihuahua melangsungkan unjuk rasa memrotes kekeringan yang terjadi di bagian utara Meksiko tersebut. Para demonstran juga menduduki Bendungan La Boquilla yang merupakan sumber air utama di bagian utara Meksiko. 

Pengunjuk rasa meminta agar pemerintah Meksiko menghentikan pasokan air dari Bendungan La Boquilla di Chihuahua ke negara bagian New Mexico dan Teksas, AS. Hal tersebut ditengarai adanya perjanjian agar Meksiko mengirim air ke AS sejak tahun 1944. 

1. Sebagian besar wilayah Chihuahua mengalami kekeringan

Kekeringan, Warga Chihuahua, Meksiko Protes Stop Bagikan Air ke ASDemonstran dari para petani berjalan menuju ke Bendungan La Buquilla di Chihuahua. twitter.com/AntorchaChihuah

Berdasarkan data Komisi Nasional Air di Meksiko mengungkap bahwa terdapat sebagian besar wilayah negara bagian Chihuahua yang mengalami kekeringan.  Dilansir dari Mexican Daily News, terdapat 52 daerah dari 62 total daerah di Chihuahua yang terdampak kekeringan. 

Bencana kekeringan di Chihuahua ini bahkan sudah berlangsung selama lebih dari enam bulan lamanya. Malah negara bagian ini terdampak kekeringan sedang hingga parah yang pasti berdampak besar terhadap pada para petani, mengutip dari Reuters.

2. Warga Chihuahua merasa bahwa sumber air mereka dicuri oleh AS

Kekeringan, Warga Chihuahua, Meksiko Protes Stop Bagikan Air ke ASPara petani yang turun ke jalan dan melangsungkan demo untuk menghentikan pasokan air ke AS. twitter.com/VIM_Media

Masyarakat Chihuahua yang mayoritas petani turun ke jalan dan menduduki Bendungan La Boquilla untuk meminta Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador agar menyudahi pasokan air ke Amerika Serikat. Dilansir dari Reuters, bahkan beberapa warga mengatakan

"Kami datang untuk menjaga air kita yang dicuri"

Mereka ramai-ramai datang ke bendungan untuk menjaga agar aparat tidak mengambil alih bendungan tersebut. Bahkan dikutip dari Reuters, pada awal September lalu terdapat dua warga tewas akibat tembakan dari Pasukan Penjaga Nasional Meksiko saat adanya demo yang berakhir ricuh. 

3. Adanya perjanjian pembagian air antara Meksiko dan AS sejak tahun 1944

Kekeringan, Warga Chihuahua, Meksiko Protes Stop Bagikan Air ke ASIlustrasi Bendungan La Boquilla di Chihuahua, Meksiko. instagram.com/jorgesotocuu/

Sebelumnya sudah ada perjanjian bilateral antara Meksiko dan AS mengenai sumber air sejak tahun 1944 lalu. Berdasarkan Mexico News Daily, isi perjanjian tersebut menyatakan bahwa Meksiko harus mengirimkan air sebesar 431 juta kubik meter ke Amerika Serikat setiap tahunnya. Pada perjanjian tersebut juga menyatakan Meksiko mendapatkan empat kali lebih banyak pasokan air dibanding AS yang berasal dari Sungai Colorado yang berkontribusi pada area sekitar Sungai Rio Grande.

Melansir dari NSJ Online, Meksiko masih memiliki hutang air kepada AS, sebesar 307.943 kaki ekar pada tanggal 5 September lalu. Sementara itu, batas akhir pemenuhan utang tersebut berakhir pada tanggal 24 Oktober yang artinya Meksiko belum dapat melunasi hutang airnya pada AS. 

Gubernur Chihuahua, Javier Corral sudah mendampingi masyarakat untuk membicarakan dengan Presiden Amlo. Namun Amlo menolak untuk menemui para demonstran dan tetap berkomitmen pada perjanjian tersebut untuk mengirim pasokan air ke AS. Bahkan ia justru menuduh bahwa para demonstran ditumpangi oposisi. 

Baca Juga: 28 Desa di Kabupaten Bogor Mengalami Kekeringan Akibat Kemarau

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya