Ledakan Terjadi di Beberapa Teritori Rusia, Serangan Balik Ukraina?

Teritori Rusia kembali terdampak serangan

Jakarta, IDN Times - Serangan misil kembali terjadi di Belgorod, Rusia pada Minggu (18/12/2022). Kabar ini disampaikan oleh Gubernur Belgorod, Vyacheslav Gladkov, melalui media sosialnya setelah terdangar suara dentuman keras di wilayah tersebut. 

Sebelum kejadian ini, Belgorod sudah beberapa kali mendapat serangan yang diduga berasal dari Ukraina. Akibatnya, Kremlin terus berupaya meningkatkan pertahanan udara di wilayah perbatasan tersebut. 

1. Kota Belgorod kembali terdampak serangan Ukraina

Serangan pada dini hari itu telah merenggut satu nyawa dan melukai lima orang. Salah satu pria yang terluka diketahui terkena serpihan misil dan seorang wanita mengalami luka di bagian wajahnya. 

"Terdapat empat orang yang terluka dengan luka sedang," kata Gladkov, dikutip The Moscow Times.

Gubernur Gladkov mengatakan bahwa puluhan bangunan permukiman dan beberapa mobil di kota itu hancur akibat serangan ini. Sementara seorang koban tewas dan terluka ditemukan di sebuah peternakan ayam. 

Baca Juga: Ghana: Burkina Faso Sewa Tentara Rusia, Dibayar Konsesi Tambang

2. Ledakan terjadi di Krimea dan Kursk

Menyusul serangan di Belgorod, ledakan juga terjadi di Simferopol, Krimea pada pukul 02.30 dini hari waktu setempat. Media Rusia menyebut bahwa ledakan itu merupakan sabotase yang disebabkan truk BBM dan peralatan tempur Rusia. 

Ledakan kembali terjadi di wilayah Kursk, Rusia pada pukul 01.20 dan 02.00 dini hari waktu setempat. Sayangnya, tidak ada yang tahu secara pasti apa yang terjadi di kota tersebut, tapi warga lokal mendengar ledakan di sekitar kota. 

Pekan lalu, Rusia telah melancarkan serangan misil besar-besaran ke teritori Ukraina. Bahkan, Rusia disebut sudah menembakkan 76 misil ke fasilitas infrastruktur penting di Ukraina, dilaporkan Ukrinform.

Sistem pertahanan udara Ukraina disebut sukses menembak jatuh 60 misil musuh selama berlangsungnya serangan. Namun, kondisi darurat energi telah diterapkan di seluruh negeri akibat insiden ini. 

3. Rusia terus lancarkan serangan di Kherson

Ledakan Terjadi di Beberapa Teritori Rusia, Serangan Balik Ukraina?Tentara Rusia yang diterjunkan ke Ukraina. (twitter.com/mod_russia)

Kepala Administrasi Militer Kherson, Halyna Luhova, pada Minggu (18/12/2022) menginformasikan bahwa Rusia terus menyerang Kherson. Akibatnya, dua orang tewas dan empat orang lainnya terluka. 

"Musuh terus melanjutkan serangannya ke teritori Kherson. Pada pukul 03.00 sore hari, mereka sudah membuka 12 kali tembakan ke arah kami," papar Luhova.

Sementara, Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan Ukraina sudah siap menghadapi semua skenario pertahanan melawan Rusia dan sekutunya, Belarus. Sebab, sangat mungkin Minsk bakal bergabung dengan Moskow untuk menyerang Kiev.  

"Menjaga dua perbatasan, dengan Rusia dan Belarus adalah prioritas kami. Kami sudah mempersiapkan semua kemungkinan," ujar Zelenskyy, dilansir Reuters.

Baca Juga: Ditolak FIFA, Presiden Ukraina Gagal Bicara di Final Piala Dunia 2022 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya