Pemerintah Pusat dan Daerah di Ukraina Ribut soal Kelayakan Bungker

Klitschko terancam lengser

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Ukraina Denis Shmyhal, pada Selasa (27/6/2023), memperingatkan Wali Kota Kiev Vitali Klitschko terkait buruknya kondisi bungker di wilayahnya. Dia kecewa atas hasil investigasi bungker bom yang digelar dalam beberapa bulan terakhir. 

Belakangan ini, otoritas Ukraina direpotkan dengan serangan udara dan misil bertubi-tubi dari militer Rusia. Publik Ukraina pun marah ketika mengetahui ada warga sipil yang tewas lantaran tidak dapat menyelematkan diri ke dalam bungker yang terkunci rapat.

1. Shmyhal beri peringatan keapda Klitschko dan Popko

Shmyhal mengumumkan bakal melakukan pendisiplinan dan memperingatkan sejumlah kepala daerah di Ukraina. Peringatan ini juga ditujukan kepada Klitschko, Serhiy Popko yang menjabat sebagai kepala administrasi militer di Kiev. 

Dilansir RFE/RL, terdapat spekulasi bahwa Klitschko akan dicopot dari jabatannya karena lalai menjalankan tugasnya. Sebelumnya, mantan petinju profesional itu menerima tanggung jawab moral atas insiden yang terjadi pada awal Juni. 

Meskipun demikian, ia menyebut bahwa kesalahan ini juga harus diberlakukan di kepada daerah lain. Tidak diketahui secara pasti apakah Klitschko akan mendapatkan tindakan pendisiplinan tambahan dari kasus ini. 

Baca Juga: PBB Sebut Rusia Eksekusi 77 Warga Sipil Ukraina

2. Hanya 15 persen bungker di Kiev yang layak

Pemerintah Pusat dan Daerah di Ukraina Ribut soal Kelayakan BungkerKondisi terkini bunker di Kiev, Ukraina. (twitter.com/AKamyshin)

Inspeksi bungker di Ukraina menunjukkan bahwa hanya 15 persen dari total 4.655 bungker bom di Kiev yang layak digunakan. Sedangkan, hanya terdapat 44 persen yang dapat diakses secara bebas oleh warga sipil atau tidak terkunci. 

Dalam hasil audit di level nasional, ditemukan bahwa sebanyak 77 persen bungker bom yang layak digunakan. Namun, Shmyhal menekankan bahwa kondisi bungker di Kiev, Zaporizhzhia, Sumy, dan Zhytomyr masih menjadi fokus perhatian pemerintah. 

Shmyhal sudah menunjuk Menteri Industri Strategis, Oleksandr Kamyshin, untuk mengoordinasikan semua pertanyaan dan memproses terkait masalah dalam bungker bom di Ukraina. 

Pada saat yang sama, pemerintah Ukraina sudah menerima pengunduran diri pejabat lokal di Zhytomyr, Bila Tserkva, dan Konotop. 

3. Klitschko merupakan kompetitor Zelenskyy

Di sisi lain, ketidakpastian politik Klitschko terus berkembang setelah Preiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengkritiknya terkait insiden tewasnya tiga orang akibat bungker yang terkunci pada 1 Juni. 

Dilaporkan Reuters, Klitschko yang telah menjabat sebagai Wali Kota Kiev selama 9 tahun dikenal menjadi salah satu kompetitor terbesar Zelenskyy sebelum invasi Rusia pada Februari 2022. 

Percekcokan keduanya makin memuncak setelah presiden menuding Klitschko tidak menjalankan tugas dengan baik. Ia dianggap tidak memberikan listrik dan penghangat yang cukup untuk warga di wilayahnya. 

Baca Juga: Inggris dan Sekutu Latih 17 Ribu Tentara Sukarelawan Ukraina

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya