Polandia Deteksi Objek Misterius dari Belarus

Diduga sebagai balon udara mata-mata

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Polandia, pada Sabtu (13/5/2023) pagi, mengumumkan temuan objek misterius yang terbang di wilayah udaranya. Warsawa menuding bahwa objek aneh itu merupakan balon mata-mata yang diduga berasal dari negara tetangganya, Belarus. 

Beberapa hari lalu, media di Polandia mengumumkan bahwa objek misterius yang jatuh di hutan dekat Bydgoszcz adalah misil KH-55 milik Rusia. Diduga misil tersebut ditembakkan dari pesawat bomber Rusia yang melancarkan serangan di Ukraina. 

1. Objek sudah masuk ke Polandia sejak kemarin

Kementerian Pertahanan Polandia mengumumkan bahwa objek misterius di wilayahnya kemungkinan merupakan balon observasi dari Belarus. Pihaknya juga sudah mengaktifkan peringatan di wilayah udara terkait insiden ini. 

Dilaporkan Reuters, juru bicara Komando Operasional Angkatan Bersenjata Polandia, Kapten Ewa Zlotnicka, mengungkapkan bahwa objek tersebut masuk sejak Jumat (12/5/2023) sore. 

Zlonicka menambahkan, kontak radar yang ada di dalam objek tersebut diketahui menghilang di dekat Rypin, kota yang terletak di Polandia bagian tengah. Sementara itu, pencarian sudah dilakukan untuk mengetahui letak jatuhnya objek tersebut. 

Baca Juga: Rusia Marah karena Polandia Karena Ganti Nama Kota Kaliningrad

2. Sudah ada tiga inkursi wilayah udara Polandia

Insiden ini merupakan inkursi lanjutan di teritori Polandia sejak berlangsungnya invasi skala besar Rusia ke Ukraina. Sebelumnya, sudah ada dua objek yang masuk di teritori negara Eropa Timur tersebut. 

Pada November, sebuah misil jatuh di Polandia bagian timur yang mengakibatkan dua orang tewas. Misil tersebut diduga nyasar disebut berasal dari Angkatan Udara Ukraina saat hendak menangkal serangan Rusia. 

Dilaporkan Associated Press, politikus dan petinggi militer sedang dipertanyakan soal objek misterius lain yang mendarat di Polandia pada Desember 2022. Objek tersebut baru ditemukan pada April oleh seseorang yang tak sengaja lewat dengan mengendarai kuda di hutan. 

Publik juga mempertanyakan terkait kesiagaan otoritas mengadang inkursi dan efektivitas pertahanan udara Polandia, guna mencegah risiko yang ditimbulkan akibat perang di Ukraina.  

3. AS siap bantu Polandia ungkap objek misterius

Polandia Deteksi Objek Misterius dari Belarusilustrasi bendera Amerika Serikat (pexels.com/@brett-sayles)

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), John Kirby, mengatakan akan membantu Polandia mengungkap temuan objek di dekat Bydgoszcz. Ia pun sudah berbicara dengan pemerintah Polandia soal niatan itu. 

Sampai saat ini, masih belum diketahui secara pasti apa sebenarnya objek misterius tersebut. Dugaan awal mengungkapkan bahwa itu merupakan misil Rusia yang melenceng dari sasaran untuk mendistraksi sistem pertahanan udara Ukraina, dilansir The First News.

Menteri Pertahanan Mariusz Błaszczak terus mendapatkan tekanan karena dianggap tidak memberikan keterangan yang benar terkait objek tersebut. Pihak oposisi menyerukan agar Błaszczak segera mengundurkan diri. 

Baca Juga: Wali Kota Polandia Tewas Terjatuh dari Lantai 4 Hotel di Italia

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya